Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja seksi I di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hari ini, Selasa (20/9/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja seksi I di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hari ini, Selasa (20/9/2022). Kedua ruas jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan JORR 3.

"Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Jalan Tol Serpong-Balaraja sesi 1 yang segera bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/9/2022).

Jokowi menjelaskan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari JORR 2. Diharapkan, JORR 2 akan rampung 100 persen di akhir tahun 2023. 

"Untuk Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 km ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat utamanya mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi. Sehingga sangat cepat dengan jalan tol Cibitung-Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara," kata dia.

"Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor," sambungnya.

Sedangkan untuk Jalan Tol Serpong-Balaraja seksi I yang merupakan bagian pembangunan awal JORR 3. Jokowi berharap, jalan tol tersebut dapat mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.

"Untuk Serpong-Balaraja yang akan kita resmikan hari ini adalah sepanjang 5,1 km," ucap Jokowi.

Selain itu, Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang dulunya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (WTR) namun sekarang diambil alih oleh PT Pelindo diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap truk-truk kontainer.

"Tol Cibitung-Cilincing ini pemiliknya adalah yang sebelumnya Waskita kemudian diambil alih diambil oleh Pelindo yang kita harapkan ini memang memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang-barang yang akan diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke Kawasan Industri ke kawasan logistik yang tadi sudah saya sampaikan," tuturnya.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT