Riset Snapcart: Shopee Affiliate Jadi Program Afiliasi Pilihan Utama Masyarakat

Sekar Paring Gusti
Tren Program Afiliasi dalam dunia e-Commerce

e-Commerce dengan Program Afiliasi Terfavorit

Mengintegrasikan program afiliasi pada platform e-commerce telah menciptakan semakin banyak peluang baru. Tren afiliasi tampaknya sedang menjadi fokus utama pemain besar e-commerce saat ini, seperti Shopee, Tiktok, Tokopedia, dan Lazada. Berdasarkan hasil survei, kondisi peta persaingan program afiliasi saat ini dapat terlihat melalui jawaban responden bahwa Shopee Affiliate Program memimpin pasar.

Sebanyak 59 persen dari pesanan yang datang berasal dari link Shopee Affiliate Program, sehingga dapat dikatakan sebagai program afiliasi dengan pangsa pasar jumlah nilai transaksi tertinggi (Share of Orders) dibandingkan para pesaingnya. Data ini jauh melampaui para pesaing lainnya dengan Tiktok Affiliate Program (27 persen), dilanjutkan Tokopedia Affiliate Program (11 persen), dan Lazada Affiliate Program (2 persen)

Hal-hal yang menjadi pendorong utama yang langsung berpengaruh terhadap pangsa pasar jumlah nilai transaksi terdapat pada tiga indikator utama, antara lain: 

1. Berdasarkan indikator Top Of Mind (TOM) atau program afiliasi yang paling diingat, Shopee Affiliate Program juga berhasil menduduki peringkat pertama dengan persentase (69 persen), mendominasi dari pesaing lainnya Tiktok Affiliate Program (16 persen), dan Tokopedia Affiliate Program (12 persen), serta Lazada Affiliate Program (2 persen).

2. Pada indikator Brand Used Most Often (BUMO) atau program afiliasi yang paling sering digunakan, 70 persen memilih Shopee Affiliate Program, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Affiliate Program (16 persen). Diikuti oleh Tokopedia Affiliate Program (12 persen) dan Lazada Affiliate Program (2 persen).

3. Melalui indikator Program Afiliasi dengan komisi paling menguntungkan, lebih dari setengah responden, yaitu 68 persen memilih Shopee Affiliate Program, angka yang jauh mengungguli para pemain lainnya, di mana Tiktok Affiliate Program (17 persen), dilanjutkan Tokopedia Affiliate Program (12 persen), dan Lazada Affiliate Program (2 persen).

Astrid menuturkan jika afiliasi adalah salah satu bentuk strategi yang tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, namun juga para pihak yang berperan di dalamnya.

“Melalui performa yang baik, program afiliasi ini dapat membawa dampak bagi seluruh ekosistem sebuah platform e-commerce. Dengan kata lain, afiliasi adalah salah satu bentuk strategi yang tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, namun juga para pihak yang berperan di dalamnya. Berhasil memenangkan tiga indikator di atas, Shopee Affiliate Program sepertinya ingin membuktikan bagaimana pengaruh dan peranan mereka yang memberikan dampak dan babak baru pada ekosistemnya,” kata Astrid.

Persebaran preferensi masyarakat saat memilih program afiliasi sama seperti fitur dan program lainnya yang dihadirkan, konsumen memiliki preferensinya tersendiri saat memilih program afiliasi yang ditawarkan oleh pemain e-commerce. Dari banyaknya program yang bertebaran, preferensi masyarakat memilih program afiliasi biasanya didasari dari apa yang ditawarkan para pemain e-commerce.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
11 jam lalu

Ulang Tahun ke-26, Alfamart Kumpulkan 26 Ribu Kantong Darah di 34 Daerah

Bisnis
2 hari lalu

BNI Dorong Ekonomi Kerakyatan Lewat Pendampingan Batik Ramah Lingkungan

Bisnis
1 hari lalu

Gelar RUPSLB, Telkom Tetapkan Perubahan Pengurus Perseroan

Health
2 hari lalu

AQUA Imbau Masyarakat akan Pentingnya Hidrasi Tubuh, Berkaitan dengan Fungsi Kognitif

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal