BANDUNG, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru hingga 2024 mendatang. Dia pun mendorong pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) termasuk UMKM harus naik kelas.
Menurut dia, para pelaku usaha yang masuk kategori pemain lama harus meningkatkan kapasitasnya dalam level korporasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, mencari investor.
"Saya ingin UMKM ini tidak jalan di tempat, naik kelas. Tadi berbagi kiat bagaimana usahanya bisa berkembang, membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Targetnya 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja baru," kata dia usai menjadi pembicara dalam Business Talk Genpro bertema "Dari UKM Menuju Korporasi" di Zest Hotel, Kota Bandung, Sabtu (21/1/2023).
"Tadi saya memberikan contoh beberapa usaha yang lima tahun yang lalu sekarang sudah mulai besar dan sekarang bahkan menawarkan sahamnya," sambungnya.
Menurutnya, kawasan Bandung Raya juga memiliki potensi besar dalam pengembangan bisnis industri kreatif, terutama dalam sektor pariwisata. Bahkan, kawasan Bandung Raya masih unggul dibandingkan daerah lainnya di Indonesia dan pesaing terdekatnya Yogyakarta.
"Kalau bicara Bandung Raya, ini kan leading di seluruh Nusantara. Tingkat keterisian hotel, okupansi rate di Bandung dan Yogyakarta ini balap-balapan. Dua daerah yang memuncaki dari segi pariwisata yang didorong mayoritas wisatawan nusantara," tuturnya.
"Berarti peluangnya sangat luar biasa bagi para pelaku ekonomi kreatif, terutama dari segi penyiapan kuliner, fashion, dan juga cenderamata," imbuh dia.