JAKARTA, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masuk pada ekosistem digital.
“Gernas BBI ini sangat membantu UMKM masuk ke platform digital dan angkanya sangat luar biasa. Di tahun 2020 sudah mencapai 3,2 juta UMKM yang masuk ke platform digital, sehingga total sampai dengan 2021 sudah hampir 12 juta UMKM yang telah go digital,” kata dia dalam acara Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 secara virtual, Kamis (23/9/2021).
Dia pun optimistis total UMKM go digital akan mencapai target 30 juta pelaku usaha pada 2023 mendatang. Sementara itu, program-program yang dijalankan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mewujudkan target tersebut, di antaranya Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (Bedakan), Inkubasi kuliner dan kriya, serta Aksi Selaras Energi (Aksilarasi).
“Insya Allah total target 30 juta UMKM di akhir tahun 2023 bisa kita wujudkan dengan berbagai program Kemenparekraf. Nantinya, program lain kami kembangkan dan akan kami kolaborasikan dengan seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.
Dia menuturkan, kondisi perekonomian Indonesia saat ini sudah menunjukkan titik terang dan jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi perekonomian tahun lalu. Selain itu, pandemi Covid-19 juga memaksa semua pihak meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.