Satu Dekade Shopee, Ciptakan Dampak bagi Ekosistem lewat Inovasi dan Kolaborasi

Rizqa Leony Putri
Kaleidoskop Satu Dekade Shopee. (Foto: dok Istimewa)

Salah satu pemilik brand lokal yang telah bergabung di Shopee sejak 10 tahun lalu, Vincent Saputera, Marketing Director produk sprei Kintakun mengatakan bahwa sejak bergabung pada 2015, perjalanan Kintakun dan Shopee berjalan beriringan.

"Shopee menjadi rumah pertama bagi kami untuk melebarkan sayap di ranah online, sekaligus menjadi saksi bagaimana kami dapat terus berkembang dan bertransformasi," tuturnya.

Seiring perubahan perilaku belanja masyarakat, Shopee membantu perusahaan beradaptasi melalui berbagai fitur dan program yang relevan, mulai dari pemanfaatan fitur interaktif hingga peluang menjangkau pasar yang lebih luas. "Selama satu dekade terakhir, kami senang dapat tumbuh bersama Shopee, terus belajar berinovasi, dan memperkuat kehadiran brand kami agar tetap relevan dengan kebutuhan pengguna," ujarnya.

Tumbuh dan Berinovasi bersama Kebutuhan Pengguna

Di tengah bertumbuhnya pelaku usaha lokal, kebutuhan dan kebiasaan pengguna juga terus berkembang. Selama 10 tahun hadir di Indonesia, Shopee berupaya menyesuaikan diri dengan dinamika tersebut dengan menghadirkan cara belanja yang lebih relevan dan dekat dengan keseharian pengguna.

Hal ini terlihat dari meningkatnya minat pengguna terhadap rekomendasi produk yang dibagikan kreator melalui Shopee Affiliate Program, di mana pesanan melalui link affiliate meningkat lebih dari 5 kali lipat sejak program ini diluncurkan.

Temuan ini menunjukkan bahwa pengguna kini semakin menyukai rekomendasi produk yang otentik dari kreator yang mereka percayai, mempertegas peran digitalisasi dalam menghadirkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan personal.

Seiring dengan meningkatnya ketertarikan pengguna terhadap cara belanja yang lebih personal, kebutuhan masyarakat pun terus bergeser menuju pengalaman yang lebih terkurasi. Perubahan ini terlihat dari semakin banyaknya pengguna yang merasakan manfaat fitur berlangganan ShopeeVIP di berbagai wilayah Shopee berada.

Hingga akhir September tahun ini, total pengguna yang bergabung ShopeeVIP di Indonesia, Thailand, dan Vietnam telah mencapai lebih dari 3,5 juta pengguna, dan meningkat lebih dari 75 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Berbagai inovasi ini menggambarkan upaya Shopee untuk terus bergerak bersama kebutuhan pengguna, menghadirkan pengalaman yang relevan sekaligus memperluas akses belanja yang inklusif bagi seluruh pengguna dimanapun mereka berada.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
16 jam lalu

Bank Mandiri Perkuat Ekosistem Kerja dan Usaha Ramah Disabilitas

Nasional
17 jam lalu

IMIP Operasikan 502 Unit Kendaraan Listrik, Dukung Target Nol Emisi 2060

Nasional
17 jam lalu

Jamintel Sosialisasikan Jaga Desa dan Optimalkan Kopdes Merah Putih di Garut

Bisnis
20 jam lalu

Dirut Bank Mandiri Pastikan Kesiapan Bantuan bagi Masyarakat Terdampak Bencana di Sumatra

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal