JAKARTA, iNews.id - Kamu tentu pernah dihadapkan dengan situasi mendesak ketika berada di suatu toko ingin membayar belanjaan, tetapi lupa bawa uang tunai, atau bahkan ketinggalan dompet? Seiring dengan kemajuan infrastruktur teknologi di industri keuangan, kondisi tersebut saat ini bukan lagi perkara yang besar.
Terdapat layanan pamungkas, yaitu QRIS yang sebagian besar masyarakat sudah mengetahuinya, atau bahkan rutin menggunakannya di setiap transaksi sehari-hari. Diluncurkan sejak 2019 lalu, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard telah menjelma menjadi game changer dalam menunjang aktivitas transaksi masyarakat hingga saat ini.
Layanan atau fitur tersebut secara perlahan telah mengubah cara masyarakat dalam bertransaksi, dari yang dulu mengandalkan uang tunai, hingga kini hanya berbekal smartphone. PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk bagian dari MNC Group telah merespons fenomena tersebut dengan menghadirkan fitur QRIS di aplikasi layanan perbankan digital MotionBank sejak Juni 2022.
Menurut Chief Digital Business MNC Bank Yudistira Ardhi Prastono fitur QRIS diberikan untuk mendukung kebiasaan masyarakat dalam transaksi. Bahkan, angka penggunaan di MotionBank pun meningkat hingga 41.603 pengguna.
“Kami mengamati transisi yang terjadi di masyarakat dalam hal aktivitas transaksi sehari-hari. Kami telah menyematkan fitur QRIS di MotionBank sejak 2022 silam sebagai upaya kami dalam menyesuaikan kebiasaan masyarakat bertransaksi, sehingga nasabah dapat memanfaatkannya untuk transaksi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut terbukti efektif, karena kami mencatat peningkatan setiap tahunnya, dimana pada awal peluncuran QRIS di MotionBank, telah digunakan oleh 1.484 pengguna dengan nominal transaksi QRIS sebesar Rp131 juta. Saat ini, pada periode Juni 2024 MotionBank telah digunakan oleh 41.603 pengguna dengan nilai transaksi QRIS mencapai Rp4,8 miliar,” ucap Yudis.