Sedangkan Business Plan Competition yang merupakan bagian dari Side Competition, ditujukan untuk wirausahawan yang baru memulai bisnisnya guna mempresentasikan rencana bisnis yang akan dijalankan selama beberapa tahun ke depan.
Selain Business Plan, side competition WMM kali ini juga diisi dengan kategori Santripreneur, yakni kompetisi yang ditujukan kepada para santri sebagai perwakilan pondok pesantren dalam membuat rencana bisnis yang akan dijalankan.
Pada WMM 2022 ini terdapat empat kategori usaha, di antaranya kategori Boga (makanan dan minuman dine in, minuman kemasan, makanan dan camilan kemasan), Kreatif (fashion label, entertainment, kesenian dan kebudayaan), Teknologi (digital apps, inovasi teknologi), dan Sosial (sosial lingkungan, jasa sosial).
Adapun tahapan yang harus dilalui oleh peserta WMM 2022, di antaranya:
1. Mekanisme Pendaftaran WMM 2022
Seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda ini dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi mulai 27 September sampai 30 Oktober 2022. Untuk melakukan registrasi, bisa mengakses langsung melalui website www.wmm.id dengan detail sebagai berikut, Registrasi awal, Penentuan 240+4, Penentuan Top 100, Online Capital League, Onsite Capital League, dan Final Meet The Boss.
2. Golden Ticket
Pada Golden Ticket, peserta dapat langsung menjadi Finalis Nasional. Bagi pemilik perusahaan cukup menyertakan company profile, dengan ketentuan maksimal 10 halaman di luar cover, informasi umum perusahaan, portofolio perusahaan, penjelasan produk/layanan, struktur organisasi perusahaan, ukuran maksimal file dua MB.