Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis yang semakin kompetitif, Rumah BUMN hadir sebagai platform kolaborasi strategis yang menjembatani BUMN dengan para pelaku UMKM.
Program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini dirancang untuk memberikan solusi nyata bagi berbagai hambatan yang menghalangi UMKM dalam mengembangkan usahanya.
BRI juga berperan aktif dalam program pemberdayaan UMKM melalui Rumah BUMN. Rumah BUMN binaan BRI menjadi ruang bagi para pengusaha kecil untuk mengembangkan diri, memperoleh pengetahuan baru, dan meningkatkan kapasitas melalui berbagai pelatihan serta program yang disediakan.
Sejak didirikan, Rumah BUMN binaan BRI mencatat peningkatan jumlah UMKM yang bergabung setiap tahunnya. Hingga September 2024, tercatat lebih dari 457.000 UMKM yang bergabung, dengan total pelatihan yang diselenggarakan mencapai 14.000 sesi.
Selain itu, BRI juga mendorong UMKM agar go internasional melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Acara ini merupakan edisi keenam sejak digelar pada 2019 dengan nama program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.
Nantinya BRI juga akan menggelar BRI MICROFINANCE OUTLOOK secara bersamaan pada event BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Progran imi merupakan salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia.
Dengan semangat untuk memperkuat bisnis UMKM secara strategis sesuai perkembangan zaman, BRI mendorong pelaku usaha agar lebih fokus dan termotivasi untuk memperluas jangkauan ke pasar global.
Dalam program BRI UMKM EXPO(RT) 2025, terdapat lima kategori utama yang dapat diikuti oleh pelaku usaha, yaitu Home Decor and Craft, Food and Beverage, Accessories and Beauty, Fashion and Wastra, serta Healthcare/Wellness.