“Kami menangkap respon dan antusiasme dari UMKM binaan BRI sangat positif. Dari pendaftar sebanyak 286 UMKM, kemudian diseleksi menjadi 100 UMKM. Setelah itu, dikurasi menjadi 25 peserta terpilih oleh tim Juri yang terdiri dari para CEO dan Business Coach. Adapun penilaian dilihat dari sisi attitude, kematangan, kesiapan UMKM untuk dibina dan dikembangkan, dan seberapa jauh UMKM terpapar dan terbuka untuk mengadopsi teknologi dan digitalisasi," katanya, Jumat (18/9/2020).
Nantinya terdapat 25 pelaku UMKM dari seluruh daerah di Indonesia, yang terbagi atas 3 kategori usaha, yaitu: Kerajinan (Craft) sebanyak 8 UMK, Kuliner (Food & Beverage) sebanyak 11 UMKM dan Fashion sebanyak 6 UMKM.
Acara yang dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brojonegoro dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki tersebut akan berlangsung selama lebih dari 1 bulan terhitung sejak kemarin Kamis (17/9/2020). Puncaknya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2020.
Selain itu, BRI mengundang 14 juri dan mentor untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada pelaku UMKM, diantaranya : Ricky Afrianto, Global Marketing Head/Director at Mayora Group, Arnolda Ratnawati, Marketing Director Sogo Group Department Store Indonesia, Arif Raman Hakim, Deputi Menteri Bidang SDM, Kemenkop UKM RI, Danang Rizki Ginanjar, Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi RI, Frankie Ridzal, Director of Indadi Utama, Sdn. Bhd, Frans Budi Pranata.
Lalu ada The CFO 2013, 2015, Ex CFO Zalora Group, Gendro Salim, Founder & CEO Master Business Coach PT. UCoach, Margetty Herwin, Founder Smart Business Coaching Firm, Juanda Rovelim, CEO Kavlink Solusi Digital, Niko Julius, Founder Nikojulius.com, Viktor Aritonang, Business Idea Conceptor, Founder BisnisYuk, Jonathan Setiaji, Marketplace Operation and BusDev JD.ID, Suwandi Chow, Independent E-Learning Profesional, dan Ardi Sudarto CEO PT. Indo Lotte Makmur.
“Kami yakin BRIncubator akan menjadi salah satu motor penggerak dan pendorong kemajuan bisnis UMKM di negeri ini dan melahirkan pelaku usaha yang berdaya saing tinggi, memiliki nilai jual, dan mampu bersaing secara global, “ ujar Aestika. #Ads