Kedua, pelanggan bisa melalui chating aplikasi WhatsApp resmi PLN di nomor 08122-123-123. Caranya, pesan pertama adalah kirimkan ID PLN ke nomor tersebut. Pelanggan nanti akan mendapatkan pesan resmi otomatis dari pelayanan dan ikuti arahan selanjutnya.
Untuk mengetahui apakah termasuk golongan subsidi atau bukan, bisa dilihat pada pembayaran sebelumnya, jika tercantum kode R1M pada kolom Tarif/daya golongan 900 VA itu berarti bukan subsidi dan tidak berhak mendapatkan token gratis, kecuali kode R1.
Tak hanya itu, kata Bob, PLN mengantisipasi pelanggan yang tidak memiliki akses internet atau tidak memiliki akun nomor Whatsapp.
“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Bob.
Bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik dan tinggal di daerah tanpa akses internet, bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN. Hal yang sama berlaku bagi pelanggan yang tidak memiliki akun WA.