Tren Belanja Online selama Ramadan, Promo Jadi Hal yang Paling Banyak Dicari

Rizqa Leony Putri
Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. (Foto: Ist)

Hasil riset yang dilakukan oleh Snapcart juga menunjukkan bahwa e-commerce tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan harian atau pendukung dengan keuntungan terbaik. Platform belanja online ini juga dipilih oleh masyarakat untuk menjadi salah satu opsi kegiatan yang dapat menemani waktu menjelang berbuka puasa. Demi menjawab ragam kebutuhan dan hiburan, para pemain e-commerce terus berusaha untuk berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru. 

“Jika ditelaah saat ini, kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk memilih destinasi belanja online dipengaruhi oleh banyak hal seperti promo, pilihan produk yang ditawarkan, hingga fitur hiburan. Dimana melalui survey ini terlihat bahwa Shopee unggul khususnya dalam hal Membantu Kebutuhan Ramadan, Banyak Fitur, Inovasi dan Games serta Sering Promo Ramadan. Hal inilah yang membuat kuatnya nilai saing Shopee khususnya selama bulan Ramadan,” ucap Astrid.

Berdasarkan hasil riset, Shopee tetap unggul dibandingkan Tokopedia dan Lazada dari ketiga aspek yaitu: pemenuhan kebutuhan selama Ramadan, fitur yang tersedia, dan promo yang diadakan dengan presentase sebagai berikut: 

Hasil Riset Snapcart.

Selain iklan, acara TV, live stream, video, promo, serta kolaborasi lainnya, pada periode Ramadan ini terdapat fitur terbaru yang dihadirkan oleh Shopee yang berhasil menyita perhatian masyarakat, dimana melalui fitur ini masyarakat dapat membuat serta menonton berbagai konten video, yang disertai promo hadiah menarik. Melalui survey kali ini, terungkap bahwa Shopee Video menduduki peringkat dua teratas pada indikator penilaian fitur hiburan terbaru yang diketahui oleh responden. 

Berdasarkan hasil riset, hampir semua responden mengaku turut berpartisipasi aktif dan telah memanfaatkan berbagai program spesial Ramadan yang disajikan oleh situs-situs online untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Dari survey tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati  oleh responden.

Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88 persen responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41 persen belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19 persen berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3 persen tidak menyebut. 

Melihat sengitnya persaingan e-commerce selama bulan Ramadan, para pemain e-commerce berlomba untuk melengkapi ragam aspek yang dapat menjadikan mereka destinasi pilihan belanja online. Selama periode Ramadan 2022, dapat disimpulkan Shopee merupakan e-commerce pilihan dan masih unggul menjadi jawara e-commerce nomor satu di Indonesia.

Dari banyak indikator pada riset dengan metode online yang dilakukan Shopee, Shopee dinyatakan sebagai peringkat pertama saat dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap belanja online, tren pertumbuhan yang terus berkembang serta pertarungan antar pemain e-commerce sangat menarik untuk diamati kelanjutannya pada tahun ini. 

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Belanja
10 hari lalu

Cara Cerdas Belanja Kebutuhan Rumah: Jadi ShopeeVIP!

Seleb
16 hari lalu

Hearts2Hearts Tampilkan Gaya Ceria dan Playful di Iklan Shopee 11.11 Big Sale

Belanja
21 hari lalu

Teknologi Digital Berkembang Pesat, Tren Belanja Online di Indonesia Tumbuh

Belanja
31 hari lalu

ShopeeVIP Bikin Belanja Sehari-hari Jadi Lebih Dekat, Lebih Spesial Tiap Kali Checkout

Film
1 bulan lalu

Shopee Hadirkan Fitur Baru, Kini Bisa Belanja Sambil Nonton Konten Favorit!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal