Kasus Fraud Naik Signifikan Selama Pandemi, Tertinggi di Segmen E-commerce

Anggie Ariesta
Kasus fraud naik signifikan selama pandemi, tertinggi di segmen e-commerce

Darmawan menuturkan, dibutuhkan dukungan proses dan teknologi untuk memitigasi risiko dalam transaksi digital dan kejahatan siber.

"Tentunya kita tidak ingin fraudster memanfaatkan digital channel dalam melakukan kegiatan fraud, sehingga kita perlu melakukan berbagai teknik-teknik untuk menahan dan memblok,” ucap Darmawan.

Dia mengungkapkan, fraudster juga memanfaatkan kondisi ekonomi yang sedang kontraksi. Kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, memunculkan banyak pelaku penipuan.

"Dalam situasi ekonomi seperti sekarang ini, stres dan ketakutan konsumen dapat menyebabkan tingkat keberhasilan fraudster dalam melakukan pencurian data informasi pribadi menjadi lebih tinggi. Kita sering mendengar juga banyak sekali masyarakat yang secara sukarela memberikan datanya, ternyata itu dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan dilakukan secara ilegal,” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Nasional
10 jam lalu

Purbaya Tarik Utang Baru Rp570,1 Triliun per Oktober 2025

Bisnis
6 hari lalu

Bank Mandiri Mau Buyback Saham Rp1,17 Triliun, Ini Prospek Analis

Bisnis
7 hari lalu

Bank Mandiri Dorong Aksi Hijau di Bintan Marathon 2025 lewat Mandiri Looping for Life

Belanja
12 hari lalu

Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal