JAKARTA, iNews.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan platform e-commerce khusus untuk memasarkan 18 ribu produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara digital.
Inovasi platform e-commerce yang diberi nama "BCA UMKM Fest" itu, diharapkan dapat menggerakkan usaha pelaku UMKM dan membantu usaha mereka naik kelas. Dengan masuk ke platform tersebut, pelaku UMKM tidak hanya memasarkan produknya secara nasional, tetapi juga dapat melakukan ekspor.
"Kami membantu kurasi produk UMKM yang siap onboarding. Tidak hanya untuk pasar nasional tapi juga ada 80 penjual yang siap melakukan ekspor. Untuk itu kami juga sudah memiliki 28 calon pembeli yang terkonfirmasi dari berbagai negara seperti India, Perancis, Italia dan lainnya. Produk yang mendominasi adalah makanan minuman, fashion, serta kayu dan furniture," ujar Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, dalam webinar di Jakarta (15/4/2021).
Menurut Jahja, BCA menawarkan nilai tambah dalam e-commerce yang dimilikinya, sehingga tidak sama dengan e-commerce lain di Indonesia, baik dari sistem pembayaran, juga didukung dua perusahaan logistik.
Dengan demikian, layanannya akan lebih baik dari e-commerce. Untuk pembayaran pun, dananya akan dicairkan bila barang dipastikan sampai di tangan customer, sehingga konsumen tidak dirugikan.