JAKARTA, iNews.id – Dalam pengelolaan keuangan, dana darurat merupakan salah satu komponen penting untuk mempersiapkan kebutuhan tak terduga.
Selain tabungan dan investasi, Anda perlu mengalokasikan uang di pos dana darurat untuk mengantisipasi keadaan-keadaan darurat yang tidak dapat diprediksi, seperti sakit, kecelakaan, renovasi rumah, bahkan ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
“Dana darurat dalam perencanaan keuangan memang terlihat sepele, namun jika disiapkan secara konsisten akan sangat membantu Anda menghadapi kebutuhan di masa mendatang. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan dana darurat sedini mungkin agar nantinya tidak mengganggu flow keuangan Anda,” ucap Managing Director MotionPay, Jessica Tanoesoedibjo.
MotionPay telah merangkum 3 tips menyiapkan dana darurat tanpa mengganggu arus keuangan Anda, antara lain:
1. Hitung dan Atur Pengeluaran
Sebelum menentukan besarnya dana darurat, Anda perlu menghitung pengeluaran rutin Anda untuk mengetahui dana yang tersedia untuk dijadikan sebagai dana darurat. Anda perlu memisahkan uang operasional yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya, salah satunya ke dalam aplikasi MotionPay.