Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, Ri secara bulanan mengalami deflasi di Agustus, tapi secara tarhunan masih inflasi.
Michelle Natalia

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengumumkan, Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,21 persen pada Agustus 2022 dibanding bulan sebelumnya (month to month/mtm). Namun secara tahunan (year on year/yoy), inflasi masih relatif tinggi. 

Dibanding Agutsu 2021, Indonesia tercatat mengalami inflasi sebesar 4,69 persen. Meski relatif tinggi, namun lebih rendah jika dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 4,94 persen. 

"Namun secara year on year, di Agustus 2022 ini masih terjadi inflasi sebesar 4,69 persen," ucap Margo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (1/9/2022). 
 
Adapun dari 90 kota yang disurvei BPS, sebanyak 79 di antaranya mengalami deflasi. Hal itu disebabkan bergejolaknya harga.

"Ini disebabkan karena deflasi pada komponen harga bergejolak. Sementara itu, untuk komponen inti dan komponen harga yang diatur oleh pemerintah masih mengalami inflasi," kata dia. 

Komponen harga bergejolak memberikan andil terhadap deflasi pada Agustus 2022 sebesar 0,51 persen. Jika dilihat, penyebab utamanya berasal dari komoditas bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Namun pada komponen harga bergejolak, masih terdapat komoditas yang mengalami inflasi, utamanya adalah beras dan telur ayam ras. 

"Untuk komponen inti yang memberikan andil terhadap inflasi di Agustus 2022 sebesar 0,24 persen dan komoditas yang dominan mendorong inflasi di topline inti berasal dari uang kuliah untuk akademi dan perguruan tinggi, dan juga uang sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tarif kontrak rumah," tuturnya. 

"Ini mudah dipahami karena di bulan Agustus ini penerimaan mahasiswa baru membuat terjadinya kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya," imbuh Margo.

Untuk komponen harga yang diatur pemerintah memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,06 persen secara bulanan. Itu dipicu kenaikan harga bahan bakar rumah tangga dan tarif listrik.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT