JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 sebagai upaya memajukan UMKM dan ekonomi kreatif Indonesia. Pasalnya UMKM ini berkontribusi sebesar 9,82 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) setiap tahunnya.
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan UMKM binaan BI ini memiliki negara tujuan pemasaran produknya tidak hanya di Asia tapi juga Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat (AS). Pasalnya, BI ingin tidak hanya inovasi kreatif yang didorong tapi juga potensi UMKM ini agar bisa menembus pasar global.
"Pameran ini kita selenggarakan tidak saja hanya mengangkat UMKM binaan BI kepada masyarakat luas tapi juga untuk mendorong akses mereka tidak hanya dari pasar nasional tapi juga pasar global," ujarnya dalam pembukaan KKI 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (20/7/2018).
Ia melanjutkan, BI menempuh beberapa pendekatan khusus untuk mendorong UMKM ke pasar global. Salah satunya dengan menghubungkan secara langsung memasarkan produknya kepada pembeli di luar negeri.
"BI juga berupaya menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha yang lebih besar supaya mereka menembus pasar global," kata Perry.