Nielsen: Konsumen Indonesia Paling Optimistis ke-4 di Dunia

Rahmat Fiansyah
Belanja online. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Nielsen kembali merilis hasil studi soal optimisme konsumen global. Pada kuartal I-2019, indeks keyakinan konsumen (IKK) stabil di angka 125.

"Angka ini menempatkan Indonesia di urutan keempat negara teroptimistis di dunia," kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin dikutip Selasa (4/6/2019).

Dalam mengukur IKK, Nielsen menggunakan tiga indikator optimisme dalam dua belas ke depan yaitu prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja.

Untuk optimisme terhadap prospek pekerjaan lokal, angnya meningkat dari 68 persen pada kuartal IV-2018 menjadi 72 persen pada kuartal I-2019. Sementara 83 persen konsumen memiliki persepsi positif mengenai kondisi keuangan pribadi, meningkat dari 79 persen pada kuartal sebelumnya.

"Sementara itu, di kuartal pertama 2019 ini hanya lebih dari setengah (56 persen) knsumen yang menyatakan bahwa waktu 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan. Indikator ini menurun dari 63 persen di kuartal IV-2018," tutur Agus.

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Makro
8 bulan lalu

Survei BI Maret 2025: Indeks Keyakinan Konsumen Turun

Keuangan
12 bulan lalu

IHSG Hari Ini Diprediksi Uji Resistance di 7.500, Berikut Rekomendasi Sahamnya

Internasional
1 tahun lalu

Debat Capres AS Donald Trump dan Kamala Harris Disaksikan 67 Juta Orang

Bisnis
2 tahun lalu

Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen Tetap Kuat di September 2023

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal