JAKARTA, iNews.id - Nielsen kembali merilis hasil studi soal optimisme konsumen global. Pada kuartal I-2019, indeks keyakinan konsumen (IKK) stabil di angka 125.
"Angka ini menempatkan Indonesia di urutan keempat negara teroptimistis di dunia," kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin dikutip Selasa (4/6/2019).
Dalam mengukur IKK, Nielsen menggunakan tiga indikator optimisme dalam dua belas ke depan yaitu prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja.
Untuk optimisme terhadap prospek pekerjaan lokal, angnya meningkat dari 68 persen pada kuartal IV-2018 menjadi 72 persen pada kuartal I-2019. Sementara 83 persen konsumen memiliki persepsi positif mengenai kondisi keuangan pribadi, meningkat dari 79 persen pada kuartal sebelumnya.
"Sementara itu, di kuartal pertama 2019 ini hanya lebih dari setengah (56 persen) knsumen yang menyatakan bahwa waktu 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan. Indikator ini menurun dari 63 persen di kuartal IV-2018," tutur Agus.