PLN Terima 65.786 Aduan Lonjakan Tagihan Listrik, Terbanyak dari Jakarta

Djairan
Aduan pelanggan rumah tangga atas kenaikan tagihan listrik terus meningkat. (Foto: Dok PLN)

PLN Terima 65.786 Aduan Lonjakan Tagihan Listrik, Terbanyak dari Jakarta

JAKARTA, iNews.id - Aduan pelanggan rumah tangga atas kenaikan tagihan listrik terus meningkat. PT PLN (Persero) melaporkan aduan yang masuk, Kamis (11/6/2020) pukul 15.30 WIB mencapai 65.786 dari seluruh Indonesia, dan akan terus bertambah.

"Itu angka per jam ini ya, yang dicatat posko pengaduan khusus tagihan, jumlah ini naik terus," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril, dalam diskusi via online, Kamis (11/6/2020).

Dari 65.786 pelanggan di seluruh Indonesia, aduan paling banyak berasal dari Jakarta, kemudian disusul Bandung dan Surabaya. PLN mencatat, terjadi kenaikan konsumsi listrik pada 4,3 juta pelanggan, atau sekitar 15 persen dari total konsumen pasca bayar sebanyak 34,5 juta.

Beberapa waktu lalu muncul keluhan dari pelanggan rumah tangga yang merasa tagihan listriknya naik hingga 200 persen. PLN memastikan, yang mengalami lonjakan tagihan listrik sebesar itu hanyalah 6 persen saja dari aduan 4,3 juta pelanggan. Sedangkan kenaikan tagihan terbanyak sebesar 20-50 persen dirasakan oleh 2,4 juta pelanggan.

Merespons kenaikan tagihan tersebut, PLN telah memberikan solusi melalui kebijakan skema perlindungan lonjakan untuk meringankan pembayaran pelanggan. Jika pada Juni terjadi kenaikan tagihan lebih dari 20 persen akibat penagihan bulan sebelumnya, maka akan ada keringanan pembayaran.

Pelanggan berhak menerima perlindungan lonjakan dengan hanya membayar tagihan bulan Juni ditambah 40 persen dari jumlah kenaikan tagihan bulan sebelumnya. Kemudian 60 persen sisanya, dapat dibayar tiga bulan selanjutnya dengan sistem angsuran sebanyak 20 persen setiap bulanya. 

Bob menyebut, bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait tagihan listrik tak wajar, dapat menghubungi contact center PLN 123 yang siap melayani 24 jam. Pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan pelanggan PLN terdekat.    

Editor : Ranto Rajagukguk
Artikel Terkait
Nasional
3 hari lalu

Prabowo Instruksikan Seluruh Desa di RI Terlistriki, Target Tuntas 2030

Megapolitan
13 hari lalu

LRT Jabodebek Kembali Beroperasi Normal setelah Sempat Alami Gangguan

Nasional
16 hari lalu

Menkeu Purbaya Ubah Skema Pembayaran Kompensasi ke Pertamina dan PLN, Dibayar 70 Persen Tiap Bulan

Keuangan
17 hari lalu

Tarif Listrik Subsidi 2025 Resmi Diumumkan: Siap-Siap, Ini Daftar Golongan yang Diuntungkan!

Motor
19 hari lalu

Unik, Motor Diluncurkan Melalui Platform Media sosial 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal