Tren Belanja Online Pekan Pertama Ramadan, Ada Makanan hingga Pakaian

Hafid Fuad
IdEA memberikan bocoran data awal pergerakan tren belanja online di pekan pertama Ramadhan tahun ini. (Foto: Shutterstock)

Lalu siapa profil konsumen tersebut? Ternyata konsumen yang menjadi pasar terbesar berada pada kalangan milenial, yakni 36 persen ada pada rentang usia 15-24 tahun, serta 34 persen lainnya pada kelompok umur 25-34 tahun. 

Kalangan yang kategori dewasa yakni pada rentang usia 35-44 tahun hanya berkisar 19 persen saja. Sisanya merupakan konsumen di kelompok usia 45 tahun ke atas. Kaum pria masih mendominasi pembelian.

Fakta menarik lainnya adalah kenaikan transaksi dari luar Jawa. Dominasi transaksi di pulau paling padat di Indonesia ini mulai bergeser. Dari total kenaikan penjualan yakni 28 persen, mayoritas 97 persen berasal dari luar Jawa. 

Lalu, produk-produk yang mendominasi minat konsumen, pada dasarnya sudah bisa diprediksi. Kompetisinya tipis antara produk perawatan diri, makanan dan minuman, serta kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar pembelian produk-produk tersebut menyasar buatan lokal. Sumbangsih dari produk lokal bahkan mencapai Rp5,6 triliun.

Editor : Ranto Rajagukguk
Artikel Terkait
Nasional
5 hari lalu

Polda Sumbar Bangun 150 Sumur Bor demi Warga Terdampak Bencana

Bisnis
9 hari lalu

Satu Dekade Shopee, Ciptakan Dampak bagi Ekosistem lewat Inovasi dan Kolaborasi

Kuliner
13 hari lalu

Deretan Makanan Dikira Sehat Padahal Harus Dihindari

Bisnis
25 hari lalu

Shopee Rayakan 10 Tahun Berdayakan UMKM, Penjualan Tembus 270 Miliar Dolar AS secara Global

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal