JAKARTA, iNews.id - Kartun Animasi berjudul Kiko yang tayang di RCTI setiap hari Minggu pukul 9 pagi telah meraih beberapa penghargaan. Selain Panasonic Gobel Award 2016 kategori Animasi Anak-anak Terbaik, Kiko juga memenangkan penghargaan Televisi Indonesia 2017 dan 2018 untuk Animasi Anak-anak Lokal Favorit.
"Kiko sudah airing 3 tahun dan cukup disambut baik. Tapi memang kita bukan tujuannya Nobel, kita mau bikin animasi yang berkualitas, bukan hanya untuk market Indonesia tapi kita emang tujuannya global market," kata Sei Young Cheong (Andy) selaku Chief Creative Production Officer MNC Animation di acara BEACON 2019, Jakarta Barat, Indonesia.
Kartun Kiko kini sudah tayang juga di 52 negara di wilayah Amerika Latin, Eropa, dan Afrika. Selain itu, Kiko juga mempunyai game bernama Kiko Run yang dapat diunduh di Play Store and AppStore. Dalam waktu singkat, MNC Animation juga akan merilis film Kiko In The Deep Sea di bioskop.
Karakter Kiko sendiri merupakan ciptaan Liliana Tanoesoedibjo. Untuk pengembangan cerita dari kartun Kiko dilakukan oleh tim kreatif dengan persetujuan Liliana Tanoesoedibjo. Setiap kisah dari Kiko ada yang berkesinambungan, ada pula yang berdiri sendiri.
"Karakter Kiko itu creatornya Ibu Liliana Tanoesoedibjo. Kiko adalah seorang anak yang suka adventure," jelas Sei Young Cheong.Di sisi lain, menurut Young, business plan dalam menjual sebuah karya animasi sangat berperan penting. Business plan akan membantu mengembalikan modal besar yang dikeluarkan selama proses produksi.
"Banyak anak-anak Indonesia dan perusahaan mau bikin animation. Tapi saya tadi sempat bilang (saat presentasi) kalau mau bikin animation harus bikin tentang business plannya. Itu juga penting," ujar Young.