Debut TREBEL Music di Indonesia pada Grand Final X Factor Indonesia

Siska Permata Sari
Peluncuran TREBEL Music di Indonesia menandai langkah signifikan bagi MNC Group. (Foto: Melati)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN atau Perseroan), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mengumumkan peluncuran TREBEL Music di Indonesia dalam acara X Factor Indonesia Final Countdown & Result Show pada 18 April 2022. Diketahui X Factor Indonesia pertama kali diluncurkan pada 2012 dan mendapatkan penghargaan Talent Search dan Reality Show Terbaik pada 2014 oleh Panasonic Gobel Awards.

Selain itu, banyak artis baru yang lahir
dari X Factor, seperti Fatin Shidqia, Jebe & Petty, dan Mikha Angelo. Pada 2021, MNCN menghadirkan kembali program pencarian bakat ini di RCTI dan kontes tersebut terbukti sukses dengan rata-rata rating 4,3 persen dan pangsa pemirsa 19,8 persen (rata-rata 2021-2022).

Seperti yang diumumkan sebelumnya pada Januari 2022, MSIN melakukan investasi strategis ke TREBEL Music, sebagai bagian dari upaya berkelanjutannya untuk menawarkan solusi hiburan lengkap dengan menambahkan kategori konten musik baru yang dapat diunduh sebagai bagian dari superapp AVOD terbesar di Indonesia, RCTI+. TREBEL Music, dapat dibandingkan dengan platform streaming terkenal di dunia seperti Spotify (yang berbasis langganan). TREBEL adalah layanan musik digital dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Latin dan layanan musik berlisensi pertama yang menghadirkan pemutaran lagu secara on demand dan offline tanpa biaya kepada pengguna.

Melalui pemutaran lagu secara offline yang didukung oleh iklan dan dipatenkan, TREBEL memberikan pengalaman bagaimana musik dapat menjangkau pasar global dengan mengubah cara penggunanya untuk mengakses musik digital tanpa biaya, tanpa memerlukan akses internet berkelanjutan, paket data seluler yang mahal, atau berlangganan. Aplikasi TREBEL Music saat ini tersedia di Amerika Serikat dan Meksiko, dengan rencana untuk memperluas ke negara-negara baru di Asia dan negara-negara Amerika Latin lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Peluncuran TREBEL Music di Indonesia menandai langkah signifikan bagi MNC Group. (Foto: dok MNC)


TREBEL Music akan diintegrasikan ke dalam RCTI+, sebagai bagian dari kategori konten utama ke-5. Setelah integrasi, aplikasi AVOD superapp ini akan dilengkapi dengan lima pilar konten dari Video, Berita, Audio, UGC/pencarian bakat, dan terakhir, kemampuan untuk mengunduh dan menikmati musik offline melalui TREBEL. Fitur musik yang baru ditambahkan di RCTI+ diperkirakan
akan mencapai 15 juta pengguna aktif bulanan pada akhir 2022.

Tersedia di iOS dan Android, TREBEL memungkinkan pendengarnya untuk memilih dari pustaka yang berisi jutaan lagu terbaik untuk didengarkan secara offline, menawarkan lagu internasional dan lokal dan juga memiliki fitur identifikasi lagu. Selain itu, TREBEL akan sangat terlibat dalam pengakuisisian label lokal di Indonesia dan promosi TREBEL Music akan didukung oleh jangkauan dan keahlian pemasaran dari MNC Media.

Perseroan dan TREBEL juga berencana untuk membuat Top Music Chart secara berkala, dengan memberikan daftar lagu-lagu terbaik kepada audiens musik nasional yang akan digunakan sebagai referensi untuk pencarian dan konsumsi musik bagi pendengarnya, yang pada akhirnya akan bertindak sebagai katalis untuk lebih lanjut mempromosikan dan menguntungkan penyanyi dan talenta musik lokal.

Hary Tanoesoedibjo selaku Direktur Utama MSIN dan Executive Chairman
MNC Group mengatakan peluncuran TREBEL Music di Indonesia saat ini menandai langkah signifikan bagi MNC Group.

"Kami akan mereplikasi dominasi kami di industri video ke dalam industri musik. Layanan Video OTT, cepat atau lambat akan memiliki limitasi karena penonton biasanya memiliki waktu terbatas setiap harinya untuk waktu yang digunakan untuk mengkonsumsi konten, dengan demikian visi kami untuk menjadikan RCTI+ sebagai superapp media dan hiburan All-in-One, membawa audiens untuk lebih sering
terlibat dengan aplikasi ini di seluruh siklus konsumsi harian, mingguan, dan bulanan," katanya.

Hary Tanoesoedibjo juga mengatakan penambahan konten musik sangat penting untuk strategi jangka panjang, karena musik memberikan pengalaman tanpa keterlibatan visual bagi pengguna selama aktivitasnya sehari-hari seperti dalam perjalanan, aktivitas olahraga, relaksasi, dan bahkan selama bekerja.

"Kemitraan kami dengan TREBEL dan Top Music Chart yang akan datang juga menawarkan platform bagi talent lokal kami untuk menunjukkan musikalitas mereka dan mengembangkan industri secara keseluruhan, secara regional dan pada waktunya, secara global," katanya. 

Editor : Elvira Anna
Artikel Terkait
Gadget
19 jam lalu

MNC Games dan ITOXI Korea Resmi Jalin Kemitraan Eksklusif untuk Mobile Game RPG The God of Highschool: Legends

Gadget
20 jam lalu

Menggebrak dengan The God of Highschool: Legends, Bos ITOXI Asal Korsel: Yakin, Jadi Game Top di RI!

Nasional
10 hari lalu

MNC Peduli Gelar Donor Darah dan Galang Dana untuk Korban Bencana Sumatera

Nasional
10 hari lalu

ICCES 2025, MNC Group Paparkan Peran Media dalam Transformasi Ekonomi Sirkular Berkelanjutan

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal