JAKARTA, iNews.id - Acara Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 kembali digelar. Perhelatan mode tahunan ini menampilkan tren-tren busana Muslim di Indonesia.
"Tren MUFFEST menekankan pada busana Muslim siap pakai," tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, penyelenggara MUFFEST di Jakarta Convention Center, Rabu 1 Mei 2019.
Menurut Ali, pasar busana siap pakai punya potensi besar baik di ranah domestik maupun internasional. Acara Muslim Fashion Festival diharapkan bisa jadi "window shopping" untuk melihat tren busana Muslim terkini.
Selain peragaan busana dari sejumlah perancang seperti Restu Anggraini, Deden Siswanto, Ria Miranda, Puru Kambera hingga Sayee, acara ini juga diramaikan oleh sekitar 150 booth yang menjual busana, aksesori hingga kosmetik. Pembukaan MUFFEST 2019 diramaikan oleh peragaan busana dari SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation, Noore Muslim Sportwear, Lania Rakhmawati, Irma Intan dan Lisa Fitria.
The State Global Islamic Economy melaporkan, konsumsi fashion Muslim dunia saat ini mencapai 270 miliar dolar Amerika Serikat (AS), yang diproyeksi terus meningkat dengan laju pertumbuhan sebesar lima persen. Diperkirakan pada 2023, konsumsi fashion Muslim dunia bakal menyentuh hingga angka 361 miliar dolar AS.
Sementara itu, konsumsi fashion Muslim di Tanah Air mencapai 20 miliar dolar AS, dengan tingkat pertumbuhan 18,2 persen per tahun. Saat ini MUFFEST masih berlangsung hingga 4 Mei 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta.