Infografis 7.646 Pengaduan Konsumen di 2022, 93 Persen Terkait E-Commerce

Advenia Elisabeth
Infografis 7.646 pengaduan konsumen di 2022, 93 persen terkait E-Commerce. Desain: Masyhudi

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerima 7.464 pengaduan konsumen selama 2022. Sektor perdagangan elektronik (e-commerce) mendominasi pengaduan konsumen tahun lalu mencapai 93 persen.  

"Pengaduan mengenai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) sebanyak 6.911 laporan atau 93 persen dari total pengaduan konsumen di tahun 2022," kata Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN kemendag Veri Anggrijono dalam  keterangannya, Kamis (12/1/2023). 

Dia membeberkan, ada 7 jenis pengaduan konsumen terkait transaksi e-commerce, yaitu 1. Permasalahan pengembalian dana (refund); 2. Pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian atau rusak; 3. Barang tidak diterima konsumen; 4. Pembatalan sepihak pelaku usaha; 5. Waktu kedatangan barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan; 6. Penipuan; 7. Penggunaan aplikasi media sosial yang tidak berfungsi. 

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Nasional
1 tahun lalu

Infografis Menkominfo Pastikan Larang Aplikasi Temu Masuk RI

Bisnis
1 tahun lalu

Infografis Kemendag akan Naikkan HET Minyakita Jadi Rp15.700 per Liter 

Bisnis
1 tahun lalu

Infografis Kemendag Usul HET Minyakita Naik Jadi Rp15.500 per Liter 

Bisnis
2 tahun lalu

Infografis Meta Ajukan Izin e-Commerce di Indonesia

Bisnis
2 tahun lalu

Infografis 6 Aturan Terbaru Jualan Online

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal