Infografis
Ibnu Hariyanto

JAKARTA, iNews.id – Beberapa event olahraga paling ditunggu rakyat Indonesia akan digelar di Tahun 2022. Salah satunya, gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Event olahraga memang menjadi tontonan tersendiri bagi warga Indonesia. Sebab, prestasi-prestasi membanggakan kerap ditorehkan atlet-atlet Indonesia di berbagai ajang.

Terlebih, rakyat Indonesia beberapa tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19. Tentu adanya event olahraga akan menjadi sajian yang ditunggu oleh warga Indonesia.

Lalu apa sajakah event olahraga yang ditunggu-tunggu oleh warga Indonesia. Berikut ulasannya:
1. Formula E

Secara sah Formula E akan digelar di Ancol pada bulan Mei mendatang. Cabang olahraga ini sangat dinantikan masyarakat Indonesai karena menuai pro dan kontra.

Kendati demikian, Indonesia wajib berbangga hati kejuaraan dunia tersebut bisa berlangsung di Tanah Air. Walaupun tidak ikut bertanding karena Formula E merupakan balapan profesional, bukan balapan pembinaan.

Padahal Indonesia memiliki dua pembalap bertaraf platinum driver. Pembalap tersebut adalah Rio Haryanto dan Sean Galael.

Namun, harus dinantikan acara akbar ini terlaksana. Formula E tentunya mampu mendatangkan tren pasar baru di Indonesia.

2. MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022 sangat dinantikan oleh rakyat Indonesia. Mengingat ajang balap motor terbaik dunia itu tak pernah lagi digelar di Indonesia sejak 1997.

MotoGP Mandalika rencananya di gelar pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022. Balapan itu akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika Lombok, NTB.

Untuk itu, sebentar lagi rakyat Indonesia bisa menyaksikan secara langsung aksi Marc Marquez hingga Fabio Quartararo beraksi di Sirkuit Mandalika. Bahkan penyelenggara MotoGP Mandalika 2022 sudah merilis harga tiket.

3. Piala Asia Wanita 2022

Timnas Putri Indonesia akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022 di India. Indonesia lolos ke putaran final usai menang agregat 2-0 atas Singapura Women pada September lalu.

Hasil itu membuat Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022 di India pada 20 Januari 2022 hingga 6 Februari 2022. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia berpartisipasi di Piala Asia Wanita setekah 33 tahun absen.

Sayang, hasil drawing sedikit tidak menguntungkan bagi Garuda Pertiwi. Zahra Musdalifah dkk berada di grup B bersama tim kuat Australia, Thailand dan Filipina.

Dengan tampilnya, Timnas Putri Indonesia di ajang Piala Asia Wanita ini tentu akan menyedot animo penonton Tanah Air. 

4. Piala AFF U-23 Championship 2022

Piala AFF 2020 resmi berakhir. Timnas Indonesia gagal menjadi juara usai kalah di final lawan Thailand.

Namun, pecinta sepak bola Indonesia tak perlu menunggu lama untuk menyaksikan penggawa skuad Garuda berlaga. Sebab pada 14 Februari-26 Februari 2022, Garuda Muda akan berlaga di Piala AFF U-23 Championship 2022.

Indonesia yang berstatus juara bertahan berada satu grup Malaysia, Myanmar, dan Laos. Target juara pun diusung oleh Indonesia U23.

5. SEA Games Hanoi 2022
 
Hanoi Vietnam terpilih sebagai tuan rumah SEA Games 2022. Sebelumnya, dijadwalkan pesta olahraga Asia Tenggara ini diberlangsungkan pada 2021 yang diundur ke tahun berikutnya.

SEA Games kali ini digelar untuk yang ke-31. Acara ini akan digelar pada 12 Mei sampai 23 Mei 2022.

Kejuaraan ini akan menyelenggarakan 40 cabang olahraga. Indonesia akan turun di berbagai nomor cabor dalam SEA Games 2022. Bahkan, Indonesia menargetkan banyak medali di ajang multievent terbesar di Asia Tenggara Ini.

6. Asian Games Hangzhou

Berbeda dengan SEA Games, Asian Games adalah kompetisi seluruh benua Asia. Pesta olahraga Asia ini dijadwalkan berlangsung pada 10 September hingga 25 September 2022.

Acara empat tahun sekali ini digelar di Hangzhou, China. Pada event yang ke-19 ini, diharapkan presiden Xi Jinping akan membuka kejuaraan bergengsi di Asia ini.

Diketahui, sang tuan rumah saat ini selalu menjadi juara di Asian Games. Total China menang sebanyak 10 kali, disusul dengan Jepang yang meraih 8 kali kemenangan.

Sama halnya SEA Games, Indonesia juga akan ikut ambil bagian di ajang ini. Bulutangkis hingga angkat besi menjadi cabor andalan Indonesia.

7. BWF Tournament

BWF atau Federasi Bulu Tangkis Dunia telah mengeluarkan jadwal sepanjang tahun 2022 ini. Total terdapat 51 event olahraga tepuk bulu ini yang tersaji dalam beberapa negara, mulai dari All England 2022, Piala Thomas dan Uber hingga BWF World Championship 2022

Indonesia ikut andil menjadi tuan rumah sebanyak 4 kali. Contohnya Indonesia Masters 2022, Indonesia Open 2022, Indonesia International Challenge 2022, dan Indonesia Masters Super 100 200.

Tentunya sangat ditunggu kehadiran para atlet internasional bermain kembali di Indonesia. Terlebih, pada Indonesia Badminton Festival 2021 meninggalkan kesan manis dipenghujung tahun.

Gelaran BWF World Tour, Piala Thomas Uber hingga BWF World Championship sangat ditunggu rakyat Indonesia khususnya pecinta bulu tangkis. Sebab, Indonesia mempunyai prestasi membanggakan di olahraga bulu tangkis.

8. Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 merupakan salah satu event sepak bola paling akbar di dunia. Sebanyak 32 negara akan berlaga di Qatar di tahun 2022.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Piala Dunia 2022 akan digelar di akhir tahun tepatnya pada bulan November hingga Desember 2022. Hal itu mengikuti cuaca di Qatar yang sedikit dingin di akhir tahun.

Meski Timnas Indonesia tak berpartisipasi dalam ajang ini, namun Piala Dunia selalu dinantikan. Piala Dunia 2022 akan menjadi penutup tahun 2022 yang sempurna.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT