BERLIN, iNews.id - Adidas AG melakukan aksi korporasi yakni menjual anak usahanya, Reebok Internatiol Ltd (Reebok), kepada Authentic Brands Groups (ABG). Nilai penjualan disepakati 2,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS).
Manajemen perusahaan produk olahraga asal Jerman itu melepas Reebok karena ingin fokus pada Adidas sebagai merek inti. Selain itu, kinerja Reebok dianggap tak terlalu menguntungkan.
Untuk diketahui, Adidas membeli Reebok 3,8 miliar dolar AS pada 2006 untuk membantu bersaing dengan rival terberat mereka, Nike (NKE.N). Dengan penjualan ini, praktis Adidas rugi sekitar 1,8 miliar dolar AS.
Sebelumnya, Adidas juga telah menjual merek Rockport, CCM Hockey dan Greg Norman seharga 400 juta euro, yang merupakan bagian dari akuisisi Reebok.
Dalam pernyataannya, manajemen Adidas mengungkapkan penjualan tersebut tidak berdampak pada prospek keuangannya untuk tahun ini atau untuk target yang ditetapkan dalam strategi lima tahun yang diumumkan perseroan pada Maret 2021.