JAKARTA, iNews.id - Petugas kebersihan memilah sampah di salah satu pusat perbelanjaan Lippo Malls, di Jakarta. PT Lippo Malls Indonesia (LMI) meminimalkan jumlah sampah yang dibuang ke TPA dengan meningkatkan upaya untuk Reduce, Reuse, Recycle (3R).
Operator pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia ini terus meningkatkan pengelolaan sampah sebagai bagian dari komitmennya terhadap prinsip Environmental, Social, Governance (ESG).
Dalam operasionalnya, LMI menangani berbagai jenis sampah, termasuk sampah domestik dari pusat perbelanjaan, sampah organik dari food court dan tenant food & beverages serta sampah lanskap dari area publik dan ruang terbuka hijau.
Untuk mengelola sampah secara lebih efektif, LMI menerapkan strategi yang berfokus pada efisiensi sumber daya, pengurangan jumlah sampah, dan peningkatan tingkat daur ulang guna mendukung prinsip ekonomi sirkular.
Pada tahun 2023, pusat perbelanjaan yang dikelola LMI berhasil mengalihkan 1.200 ton sampah dari 9.200 ton sampah atau sebesar 13% yang dihasilkan dengan menggunakan kembali, mendaur ulang atau pun mengkomposkan. Pada tahun 2024, LMI meningkatkan pengalihan sampah lebih besar, yaitu 2.200 ton dari 12.000 ton sampah yang dihasilkan atau sebesar 18%.