Ini Produk Terlaris Selama Dua Pekan Ramadhan di Aplikasi Tokopedia

Heru Haryono

JAKARTA, iNews.id - Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak saat Bicara Tren Belanja Online Ramadan 2023, di Jakarta, (10/4/2023).

Ramadhan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Di bulan puasa ini, selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran lewat kanal online.

“Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” jelas Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

“Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” jelas Nuraini.

Pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadhan.

“Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif,” kata Nuraini. Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

Pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.

Editor : Yudistiro Pranoto
Artikel Terkait
Photo
3 bulan lalu

Apresiasi untuk UMKM Makanan dan Minuman

Photo
3 bulan lalu

Seminar Kekayaan Intelektual Dorong Ekosistem Niaga Elektronik Aman

Photo
4 bulan lalu

Peluang Baru Promosi UMKM Lewat Fitur Live Shopping

Photo
9 bulan lalu

Berburu Diskon Busana Lebaran di Festival Ramadan Ekstra Seru

Photo
9 bulan lalu

Pasar Takjil Ramadhan di Makassar

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal