Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id - Suasana dan aktivitas jemaah berada di Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).  

Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di kawasan Simpang Lima Semarang kini tampak sejuk dan indah setelah renovasi dalam waktu satu tahun, pada Agustus 2021 - Agustus 2022 di luas lahan 11.765 meter persegi dengan luas bangunan 13.750 meter persegi. Renovasi menelan biaya Rp92,58 miliar.

Pekerjaan renovasi melingkupi penataan kawasan masjid, rehabilitasi menara masjid, pembuatan basement VIP untuk parkir mobil dan motor, renovasi interior masjid termasuk lantai dan dinding. 

Pembangunan Masjid Baiturrahman diinisiasi oleh Yayasan Masjid Candi yang telah berdiri sejak tahun 1955 dengan pendirinya HM Bachroen, RMT Panji Mangunnegoro dan Ahmad Bastari. Masjid Baiturrahman menjadi landmark baru tujuan wisata religi di pusat Kota Semarang. 

Pada sisi depan, masjid Baiturrahman ditambah dengan penambahan kolam reflektif dan air mancur, pohon, rumput hingga lampu pagar.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan pada Jumat (23/9) berharap setelah masjid ini dibangun, dimakmurkan tidak hanya tempat shalat tapi berbagai kegiatan keislaman tempat pengkajian, tempat konsultasi, tempat pemberdayaan, tempat pengembangan. Wapres juga berharap agar masjid menjadi pusat pembinaan bagi masyarakat di sekitarnya.

FOTO: SINDO/Ahmad Antoni



Editor : Yudistiro Pranoto

BERITA TERKAIT