Siap Menjadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital

Heru Haryono

MAKASSAR, iNews.id - Pos Indonesia berkomitmen menjamin keamanan dan ketepatan waktu pengiriman bagi para pelanggannya. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab perusahaan dalam penerapan smart logistics company pada berbagai bidang layanannya, terutama dalam pengiriman.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia yang bergerak di bidang kurir dan logistik, Pos Indonesia memiliki dashboard khusus yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk memantau secara real time setiap kiriman. Dengan demikian, konsumen tak perlu merasa khawatir barang kirimannya tidak akan terlacak keberadaannya. 

Menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sebanyak 41 persen aduan masyarakat pada bidang jasa ekspedisi ialah kehilangan barang saat pengiriman. Masalah tersebut merupakan jenis aduan terbesar dalam bidang ini. Namun, Pos Indonesia memiliki persentase aduan terkecil, yakni di bawah 6 persen.

Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti, menuturkan, kepuasan pelanggan adalah hal utama untuk menjaga konsistensi perusahaan dalam menjalankan transformasi digital. Perusahaan yang dahulu identik dengan sistem tradisional dalam pengirimannya, kini tengah menerapkan digitalisasi pada seluruh layanannya.

“Di tengah gencarnya perkembangan teknologi, transformasi digital merupakan hal yang krusial bagi Pos Indonesia. Salah satu perubahan yang dilakukan, dimulai dari proses penjemputan hingga pengiriman sampai kepada penerima, seluruhnya menggunakan sistem digital,” ujar Prasabri pada acara Customers Logistic Day yang berlokasi di The Rinra Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat (21/7/2023).
 
Lebih lanjut, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bapenas, Amalia Adininggar, menyampaikan, Pos Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain logistik di Indonesia. Hal ini mampu menciptakan domestic value chain dalam rangka mendukung Indonesia Emas di 2045.

Editor : Yudistiro Pranoto
Artikel Terkait
Photo
6 hari lalu

Danantara Minta BUMN Transformasi Pengelolaan SDM

Photo
13 hari lalu

Perkuat Kolaborasi Lintas Lembaga dengan Semangat Sportivitas

Photo
3 bulan lalu

Sinergi Relawan BUMN dan BTN Gelar Program Sosial di Dua Desa Kabupaten Paser

Photo
5 bulan lalu

Layanan Tabungan Haji di Kantor Pos

Photo
8 bulan lalu

Wujudkan Mudik Aman Bersama BUMN, Indonesia Re Fasilitasi Masyarakat Pulang Kampung

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal