Survei Ungkap Konsumen Beli, Pilih dan Hindari Produk Berdasarkan Nilai Politik-Sosial

Yudistiro Pranoto

JAKARTA, iNews.id - Survei Edelman mengungkapkan bagaimana konsumen membeli, memilih, dan menghindari merek berdasarkan nilai politik dan sosial lainnya yang dianut. Edelman, perusahaan komunikasi global, membagikan insight  baru tentang bagaimana tingkat kepercayaan publik dan pandangan politik membentuk perilaku konsumen dan mempengaruhi pembelian merek (brand) di Indonesia. Hal ini dijelaskan dalam edisi perdana 2024 Edelman Trust Barometer Special Report: Brands and Politics Edisi Indonesia. 

Temuan ini didasarkan pada survei terhadap 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia, sebagai bagian dari studi yang lebih besar yang melibatkan lebih dari 15.000 responden di 15 negara, yang menyoroti tren perilaku konsumen untuk  mendukung, membeli, atau bahkan menghindari suatu merek berdasarkan pandangan politik dan nilai sosial tertentu yang dianut oleh merek serta sikap merek terhadap isu sosial. 

Menurut survei yang dilakukan pada April 2024, 81% responden Indonesia menyatakan khawatir terhadap hasil pemilihan umum (pemilu). Kekhawatiran ini juga tercermin dalam cara mereka memandang merek sehari-hari – merek yang dianggap memiliki pandangan politik atau yang tidak mengambil sikap jelas berisiko dihindari atau diboikot. 

“Pada tahun 2024, kita dihadapkan pada dinamika politik seperti pemilu dan konflik geopolitik global yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap brand. Temuan kami menunjukkan bahwa mayoritas konsumen di Indonesia mengekspresikan pandangan politik mereka melalui pilihan brand atau produk, menunjukkan adanya polarisasi dalam perilaku konsumen yang perlu diperhatikan oleh setiap brand,” kata Nia Pratiwi, Managing Director Edelman di Indonesia. 

Perubahan ini pun mengakibatkan adanya peningkatan pada nasionalisme merek (brand nationalism), sebuah kondisi saat  konsumen lebih memilih merek dan produk berdasarkan negara asal dari brand tersebut. Laporan yang sama menunjukkan bahwa 73% responden Indonesia kini lebih sering membeli merek lokal dibandingkan setahun yang lalu, dan 58% memboikot merek yang mendukung salah satu pihak dalam konflik Israel-Hamas. 

Editor : Yudistiro Pranoto
Artikel Terkait
Photo
20 jam lalu

Partai Perindo Tegaskan Politik sebagai Pengabdian

Photo
12 bulan lalu

Hasil Survei Terbaru Pilkada Temanggung: Muhammad Al Khadziq-Bimo Alugoro Unggul 38,2 Persen

Photo
12 bulan lalu

Hasil Survei Opini Publik Pilkada Temanggung 2024

Photo
2 tahun lalu

Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Terima The Legend Award

Photo
2 tahun lalu

Denny JA Sebut Menilai Kredibilitas Lembaga Survei dari Jejak Digital

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal