JAKARTA, iNews.id -
(kiri-kanan) Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia dan Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO meresmikan kerja sama antara Danone Indonesia melalui program Damping bersama SIRCLO untuk menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM pada peluncuran pelatihan dan pendampingan bagi UMKM bertema “Membangun UMKM Masa Depan”, Selasa (15/08/2023) di MULA by Galeria Jakarta, Jakarta.
Danone Indonesia sebagai salah satu mitra strategis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), mendukung pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam rangka merayakan Hari UMKM Nasional 2023, Danone Indonesia hari ini bersama para mitra menyelenggarakan rangkaian sesi pelatihan dan pendampinganbagi UMKM bertema “Membangun UMKM Masa Depan” di MULA by Galeria Jakarta, Jakarta. Pada kesempatan ini, Danone Indonesia juga memperluas kerja sama dengan SIRCLO untuk membantu menyediakan akses pasar yang lebihluas bagi para pelaku UMKM nasional.
M. Fatihi, Kepala Bidang Pengembangan Informasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, mengatakan, “Pemerintah Indonesia telah menargetkan untuk mencapa idigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024. Oleh karena itu, kami mengapresiasi kolaborasi antara Danone Indonesia dan SIRCLO untuk mendukung transformasi digital pelaku UMKM di Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini dapat berjalandengan konsisten dan berkesinambungan guna menjagamomentum pertumbuhan UMKM Nasional. Selanjutnya, kolaborasi ini juga diharapkan dapat memacu para pelaku industri lainnya untuk turut serta membantu mengembangkan para pelaku UMKM di Indonesia.”
Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia mengatakan, “Kami sangat percaya UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional. Data Kemenkop UKM menunjukkan UMKM di Indonesia berkontribusi sekitar 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Sektor inijuga berhasil menyerap hingga 97 persen dari total angkatankerja. Danone Indonesia bekerja sama dengan Kampus Umar Usman menyelenggarakan program Damping UMKM, sebuah program kerja sama yang berfokus pada pengembangan kapasitas pelaku UMKM di Indonesia. Inisiatif ini sejalandengan Danone Impact Journey, di mana pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi salah satu pilar strategi keberlanjutan perusahaan.”
Untuk meningkatkan laju pertumbuhan UMKM Nasional sertamendukung target Pemerintah Indonesia dalam mencapaidigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024, Danone Indonesia juga memperluas kerja sama dengan perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang solusi e-commerce, SIRCLO. Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM binaan ‘Damping’ dapat memasarkan produknya melalui platform e-commerce SIRCLO yang telah mendukung digitalisasi dari 1 juta pelaku UMKM. Dengan demikian, kolaborasi ini diharapkan dapat membantu menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM khususnya 6.000 UMKM binaan Damping.