Dua menteri Pakistan diserang massa saat berada di halaman Masjid Nabawi (Screengrab: Arab News)
Anton Suhartono

MADINAH, iNews.id - Dua menteri Pakistan diserang sekelompok orang saat berada di halaman Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (28/4/2022). Para pejabat tersebut merupakan bagian dari rombongan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif yang berkunjung ke Saudi.

Kedua pejabat yang menjadi sasaran serangan adalah Menteri Informasi Marriyum Aurangzeb dan Menteri Pengendalian Narkotika Shahzain Bugti. 

Setelah kejadian, kepolisian Madinah menangkap setidaknya lima orang warga negara Pakistan. Mereka ditangkap atas tuduhan melakukan mencaci maki dan menghina korban. Apalagi salah satu menteri adalah perempuan.

Seorang juru bicara Kepolisian Madinah mengatakan para pelaku akan diserahkan ke pengadil setelah prosedur penyelidikan hukum selesai.

"Tindakan mereka bertentangan dengan menjaga kesucian tempat dan berdampak pada keselamatan pengunjung dan jemaah lainnya," kata juru bicara, dikutip dari Arab News, Sabtu (30/4/2022).

Para pelaku diduga merupakan pendukung PM Pakistan yang digulingkan Imran Khan. Pada Kamis lalu mereka berunjuk rasa menentang kunjungan Sharif ke Arab Saudi. Mereka meneriakkan slogan-slogan menentang Sharif dan anggota delegasinya. Penggulingan Khan mengundang reaksi keras dari pendukung partai PTI. Mereka juga menuduh negara Barat bersekongkol mengakhiri pemerintahan Khan.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan sekelompok orang meneriakkan yel-yel kepada delegasi Pakistan saat mengunjungi Masjid Nabawi.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT