Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden pada Kamis (21/4/2022) kembali mengumumkan negaranya memberikan bantuan paket keamanan kepada Ukraina. Kali ini, nilai bantuan yang digelontorkan Washington DC mencapai 800 juta dolar AS (Rp11,48 triliun).

“Hari ini, saya mengumumkan 800 juta dolar AS lagi untuk lebih meningkatkan kemampuan Ukraina berperang di (wilayah) Timur dan Donbas,” kata Biden, seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, Washington DC akan terus memberikan senjata yang dibutuhkan Kiev untuk mempertahankan Ukraina dari gempuran Rusia.

Menurut Blinken, paket senilai 800 juta dolar AS ini menjadi penarikan aset militer yang kedelapan kalinya yang dilakukan oleh pemerintahan Biden untuk Ukraina sejak Agustus 2021. Aset-aset militer itu terdiri atas senjata, peralatan, dan pasokan yang diambil dari inventaris Departemen Pertahanan AS (Pentagon).

Pentagon menyatakan, paket bantuan keamanan Amerika Serikat yang terbaru untuk Ukraina akan mencakup 72 howitzer, puluhan ribu peluru artileri, lebih dari 121 drone taktis Phoenix, suku cadang militer, dan peralatan lainnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT