Negara yang Mencetak Uang Melalui Peruri, Gedung Peruri (Foto: Peruri)
Ami Heppy S

JAKARTA, iNews.id - Selain Indonesia, inilah deretan negara yang mencetak uang melalui Peruri. Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas mencetak mata uang Rupiah yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Mengutip laman resmi Peruri, saat ini kapasitas produksi adalah mampu mencetak uang rupiah hingga 12 miliar bilyet dalam setahun yang dikerjakan melalui 12 lini permesinan.


Tak hanya mencetak uang, Peruri juga memiliki kewajiban mencetak sertifikat tanah, bea dan cukai, materai, serta paspor. Namun, tahukah kamu jika Peruri ternyata tidak hanya mencetak mata uang negara Indonesia?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 negara yang mencetak uang melalui Peruri.

Negara yang Mencetak Uang Melalui Peruri

1. Malaysia

Negara tetangga Indonesia, Malaysia menjadi salah satu negara yang mencetak uang melalui Peruri.
Sejak 2010, negara yang memiliki mata uang ringgit ini mulai bekerja sama dengan Peruri untuk mencetak uang.
Tak hanya uang, Peruri rupanya juga membantu Malaysia mencetak dokumen penting berupa paspor.

2. Sri Lanka 

Negara yang tengah mengalami krisis ekonomi ini juga merupakan salah satu negara yang mengandalkan Peruri untuk mencetak uangnya. Pemerintah Sri Lanka mulai menjalin kerja sama dalam percetakan mata uang Rupee Sri Lanka sejak 2011.

3. Bangladesh

Peruri juga pernah menjalin kerja sama untuk mencetak mata uang Bangladesh. Kerja sama tersebut terjadi pada tahun 2011.

4. Nepal

Sebelum menjalin kerja sama dengan negara-negara tersebut di atas, rupanya Peruri sudah menjalin kerja sama dengan Nepal sejak tahun 2007. Tak hanya itu, Nepal juga menjadi negara dengan permintaan pencetakan uang terbanyak dibanding negara lainnya.
 
Tercatat, jumlah uang yang berhasil dicetak Peruri untuk Nepal adalah sebanyak 50 juta lembar. Uang tersebut terdiri atas pecahan 1.000 rupee sebanyak 30 juta lembar, dan pecahan 500 rupee sebanyak 20 juta lembar.

5. Peru

Terbaru, Peruri berhasil memenangkan tender pencetakan uang kertas Soles, mata uang Negara Peru, Amerika Selatan pada 2019.

Mengutip Antara, dalam tender proyek tersebut, Peruri berhasil mengalahkan sejumlah perusahaan kelas dunia lainnya, seperti Gisecke & Devrient (Jerman), De La Rue (Inggris), Goznak (Rusia), dan PWPW (Polandia).

Itulah lima negara yang mencetak uang melalui Peruri. Kita patut berbangga dong


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT