China menegaskan latihan perang pendaratan baru-baru ini ditujukan bagi Taiwan (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

BEIJING, iNews.id - China blak-blakan soal latihan perang pendaratan di pulau yang berseberangan dengan Taiwan. Disebutkan latihan itu ditujukan untuk mempersiapkan menghadapi pasukan yang ingin memerdekakan Taiwan serta guna melindungi perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan.

Ma Xiaoguang, juru bicara Kantor Urusan Taiwan yang berbasis di Beijing mengatakan, latihan itu juga ditujukan kepada kekuatan asing yang ikut campur soal Taiwan.

Dia menjelaskan, penyebab meningkatnya ketegangan saat ini karena adanya kolusi antara partai berkuasa Taiwan, Partai Progresif Demokratik (DPP) dengan kekuatan asing, merujuk pada Amerika Serikat (AS). Selain itu munculnya provokasi soal kemerdekaan Taiwan.

Latihan pendaratan tersebut, kata dia, ditujukan atas adanya kolusi serta guna melindungi kedaulatan dan integritas teritorial China.

"Ini benar-benar hanya tindakan. Promosi DPP dengan apa yang disebut ancaman militer dari daratan (China) sepenuhnya telah membalikkan benar dan salah, tuduhan palsu," ujar Ma, dikutip dari Reuters, Rabu (13/10/2021).

"Jika otoritas DPP keras kepala dan terus melakukan tindakan dengan carayang salah dan tidak tahu bagaimana mundur, itu hanya akan mendorong Taiwan ke situasi lebih berbahaya," katanya, menegaskan.

Ketegangan militer dengan China belakangan ini merupakan yang terburuk dalam lebih dari 40 tahun terakhir. Militer China mengerahkan hampir 150 pesawat militer ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan selama 4 hari berturut-turut dimulai pada 1 Oktober.

Menteri Pertahanan Taiwan pekan lalu mengatakan China akan mampu melakukan invasi skala penuh pada 2025.

Taiwan menegaskan wilayahnya sebagai negara merdeka menggunakan nama resmi Republik China serta akan mempertahankan sistem kebebasan dan demokrasi.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT