Israel menggempur Jalur Gaza sebagai respons atas serangan balon api yang memicu kebakaran lahan (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

TEL AVIV, iNews.id - Jet tempur Israel kembali menggempur Jalur Gaza, Sabtu (7/8/2021) dini hari. Serangan menargetkan lokasi yang disebut Israel sebagai tempat peluncuran roket Hamas, kelompok yang memegang kendali Gaza.

Militer Israel menyebutkan serangan itu sebagai respons atas balon api yang diterbangkan di perbatasan memicu kebakaran lahan. 

"Sebagai respons atas peluncuran balon api terus-menerus dari Gaza ke Israel sepanjang hari," bunyi pernyataan militer, dikutip dari Reuters.

Tidak ada laporan korban maupun kerusakan di Gaza terkait serangan Israel tersebut.

Sejak pertempuran 11 hari antara Israel dengan Hamas, warga Palestina di Gaza secara sporadis meluncurkan balon api ke wilayah Israel memyebabkan kebakaran lahan.

Warga Palestina menyerang dengan balon berisi bahan bakar untuk menekan Israel agar melonggarkan perbatasan sehingga barang-barang kebutuhan bisa masuk. Serangan balon menurun setelah Israel melonggarkan beberapa pembatasan ke Gaza.

Namun pada Jumat kemarin, serangan balon api kembali terjadi, menyebabkan setidaknya empat kebakaran di daerah dekat perbatasan.

Ketegangan di perbatasan Gaza ini terjadi bersamaan dengan serangan dari Lebanon.  Pasukan Israel dan pejuang Lebanon saling menembakkan roket dan artileri di perbatasan selama beberapa hari terakhir.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT