Fakta-fakta unik suku eskimo, di antaranya legenda monster Qallupilluk (Foto: AP)
Alifia Nur Faiza

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa fakta suku Eskimo yang mungkin belum banyak diketahui. Eskimo atau Inuit adalah sekelompok orang yang mendiami wilayah Arktik dan sub-Arktik. 

Tempat tinggal mereka terbentang luas sepanjang 5.600 kilometer, mencakup Greenland, bagian utara Amerika Utara, dan bagian timur Siberia. Mereka mampu hidup di suhu esktrem hingga minus 45 derajat Celcius.

Tak heran jika suku ini identik dengan pakaian bulu tebal dan bermukim di pondok berbentuk kubah es. Mereka mengandalkan hidup dengan berburu hewan. 

Berikut fakta-fakta unik suku Eskimo:

1. Tidak Suka Dipanggil Eskimo

Meskipun sudah lebih akrab dikenal dengan Eskimo, anggota suku ini sebenarnya menolak penyebutan itu. Istilah eskimo datang dari Prancis atau Denmark yang berarti pemakan daging. Karena itulah, orang Inuit menganggap bahwa panggilan eskimo adalah bentuk penghinaan bagi mereka. 

Mereka lebih suka dipanggil Inuit yang artinya manusia dalam bahasa Inggris. Sekarang ini, secara individual, orang Inuit juga sering dipanggil Inuk. 

2. Ciuman Hidung

Untuk menunjukkan kasih sayang antar anggota suku, orang Eskimo melakukan cium hidung dengan saling menyentuh dan menggesek bagian indera penciuman mereka. Jika mereka berciuman antarmulut, maka air liur bisa beku seketika dan mengunci bibir. 

Selain itu, ciuman hidung ini juga dilakukan pada orangtua ke anaknya. Mereka sekaligus mengendus rambut dan pipi satu sama lain. Dengan begitu, terdapat keterikatan lebih intim dan mengingatkan diri akan aroma satu sama lain. 

3. Transportasi Manfaatkan Anjing 

Karena tinggal di lingkungan bersalju, orang Eskimo membutuhkan transportasi yang sesuai karena jalanan licin. Mereka menciptakan qamutik (kereta luncur anjing) dan qajaq, yakni kayak yang digunakan untuk melintasi air. Kereta luncur anjing dibuat menggunakan kayu dan tulang ikan paus.

4. Makan Segala Daging

Orang Eskimo terkenal akan kemampuan mereka dalam berburu. Selain itu, mereka juga mengonsumsi hewan apa pun yang bisa ditemui di tempat tinggal mereka, seperti karibu, narwhal, walrus, anjing laut, berbagai jenis ikan dan burung, bahkan beruang kutub. 

Cara tradisional bagi orang Eskimo dalam menyiapkan makanan adalah pengeringan, memasak dalam minyak segel, atau menguburnya hingga berfermentasi secara alami. Namun, beberapa makanan seperti ikan mentah tidak dimasak sama sekali. 

5. Igloo

Igloo adalah penamaan untuk tempat tinggal orang Eskimo, yakni berbentuk sebuah kubah terbuat dari bongkahan es dan salju. Tidak ada perekat yang digunakan untuk menyambungkan masing-masing bongkahan.

Besar kecilnya kubah Igloo diatur berdasarkan jumlah penghuni di dalamnya. 

6. Legenda Qallupilluk

Fakta unik suku Eskimo berikutnya adalah mitos yang berkembang di antara penduduk yakni Qallupilluk atau monster. Makhluk ini juga digambarkan sebagai hantu bengkok yang menunggu di bawah air untuk menyeret orang-orang di atas es ke dalam air yang luar biasa dingin. 

Meski begitu, cerita ini sebenarnya berkembang sebagai upaya menakut-nakuti anak kecil karena lingkungan tempat tinggal orang Inuit ekstrem dan bisa membahayakan anak-anak jika berkeliaran tanpa pengawasan. 

7. Baju dan Senjata Orang Eskimo

Orang Eskimo pandai dalam membuat baju zirah sebagai pelindung dari binatang buas. Baju besi tradisional Inut terbuat dari besi pipih yakni pelat tulang dan tali kulit mentah. Sementara itu, senjata yang mereka gunakan adalah tombak dan pisau yang dibuat dari kayu, batu, atau tulang hewan yang mereka bunuh. 

Perempuan Eskimo juga memiliki senjata tersendiri, yakni pisau melengkung dengan bilah besar. Senjata ini digunakan untuk memotong daging beku. Sedangkan laki-lakinya menggunakan senjata yang kakivak, yakni tombak bermata tiga yang digunakan untuk memburu ikan di laut. 



Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT