Korban gempa dirawat di lahan parkir RSUD Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (Foto: MPI)
Ahmad Islamy Jamil

ANKARA, iNews.id – Kementerian Luar Negeri menyampaikan belasungkawa kepada rakyat dan Pemerintah Indonesia atas gempa mematikan yang merenggut nyawa lebih dari 160 orang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Kemlu Turki mengungkapkan, mereka merasakan duka yang mendalam atas banyaknya korban jiwa dalam gempa kali ini.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa serta kepada rakyat yang begitu ramah dan bersahabat serta Pemerintah Indonesia, dan (kami) berharap pemulihan yang cepat bagi korban yang luka,” kata Kemlu Turki, dikutip dari laman berita Daily Sabah, Selasa (22/11/2022).

Selain Turki, Pemerintah Kuba juga menyatakan simpatinya kepada Indonesia. Lewat Twitter, Menlu Kuba menyampaikan rasa duka kepada keluarga korban gempa bermagnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, kemarin.

Simpati yang sama juga mengalir dari dunia Arab. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kemlu Oman di Muscat, kemarin, negara itu mengungkapkan rasa belasungkawa yang tulus kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, serta keluarga para korban. 

“(Kami) berharap orang-orang yang terluka segera pulih. Oman juga menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada pemerintah dan rakyat Indonesia,” demikian bunyi pernyataan itu.

Yordania pada Senin kemarin juga menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Jordan Times melaporkan, pemerintah setempat melalui kementerian luar negerinya mengungkapkan harapan agar korban yang terluka segera sembuh.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari para pemimpin Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan negara-negara sahabat lainnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan, jumlah korban telah melonjak menjadi 162 orang. Sebagian dari korban itu adalah anak-anak.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT