ISIS melancarkan serangan terhadap sebuah kendaraan di Afghanistan barat. (Foto: Ist)
Umaya Khusniah

KABUL, iNews.id - ISIS melancarkan serangan terhadap sebuah kendaraan di Afghanistan barat. Akibatnya, lima personel medis yang dipekerjakan oleh pasukan keamanan Taliban tewas

Juru bicara Kementerian Pertahanan Taliban, Enayatullah Khowrazmi pada Kamis (27/10/2022) mengatakan, beberapa karyawan juga terluka dalam serangan itu.

"Pagi ini, pria bersenjata tak dikenal menyerang sebuah kendaraan yang membawa personel medis Korps Tentara Al-Farooq ke-207," kata Khowrazmi.

Korps Tentara Al-Farooq ke-207 merupakan unit militer Taliban yang bermarkas di provinsi barat Herat.

Sejak mengambil alih negara itu pada tahun 2021, Taliban mengatakan mereka telah fokus untuk memulihkan keamanan di negara yang dilanda perang itu. Namun, dalam beberapa bulan terakhir sejumlah serangan telah terjadi dan PBB mengatakan keamanan memburuk.

Di kota barat Herat, sebuah ledakan besar terjadi di dekat sebuah masjid pada bulan September. Serangan itu menewaskan 18 orang termasuk seorang ulama pro-Taliban. 

Pada bulan Juli, sebuah serangan terhadap kendaraan Korps Al-Farooq 207 menewaskan dua anggota pasukan keamanan.

Beberapa serangan juga terjadi di Kabul, termasuk ledakan bulan ini yang menghantam sebuah masjid di sekitar kompleks kementerian dalam negeri yang dijaga ketat. Akibat ledakan itu, empat orang tewas dan melukai 25 orang.

Tidak jelas siapa di balik serangan itu. Namun sejumlah serangan lain di negara itu telah diklaim oleh ISIS.



Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT