Ilustrasi lokasi peristiwa ledakan dipasangi garis polisi. (Foto: Ist.)
Ahmad Islamy Jamil

DHAKA, iNews.idKebakaran besar disusul ledakan dahsyat melanda sebuah depot kontainer di Bangladesh bangian tenggara, akhir pekan ini. Insiden itu menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Pihak berwenang mengatakan, kebakaran terjadi di fasilitas kontainer di Sitakundu, berjarak sekira 40 km dari kota pelabuhan Chittagong, Sabtu (4/6/2022) malam waktu setempat. Kemunculan api itu memicu sejumlah ledakan pada banyak kontainer, setelah diawali dengan ledakan besar di lokasi tersebut.

Hingga Minggu (5/6/2022) pagi, para petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api. Penduduk setempat mengatakan, saking dahsyatnya, ledakan itu mengguncang kawasan sekitar depot hingga memecahkan kaca jendela rumah-rumah di dekatnya. 

Pejabat kesehatan setempat, Dokter Mohammed Elias Hossain mengatakan, jumlah korban tewas bisa bertambah karena beberapa orang yang terluka berada dalam kondisi kritis. “Beberapa petugas pemadam kebakaran dan polisi termasuk di antara korban luka itu,” katanya, seperti dilansir Reuters.

Dia pun mendesak semua dokter yang di daerah itu untuk membantu mengatasi situasi tersebut. Dia juga menyerukan diadakannya donor darah darurat untuk menolong para korban.

Sampai berita ini dibuat, masih belum jelas apa yang menyebabkan kebakaran itu. Petugas pemadam kebakaran mengatakan, mereka menduga api mungkin berasal dari wadah hidrogen peroksida dan menyebar dengan cepat ke wadah lain.

Pada 2020, tiga orang tewas setelah sebuah tangki minyak meledak di sebuah depot kontainer di daerah Patenga Chittagong.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT