Jumlah jurnalis yang tewas dibunuh di Meksiko tahun ini mencapai 12 orang. (Foto: Ist)
Umaya Khusniah

MEXICO CITY, iNews.id - Seorang jurnalis di Meksiko tewas dibunuh. Sejak awal tahun, jumlah jurnalis yang tewas dibunuh berjumlah 12 orang. 

Antonio de la Cruz dibunuh di Ciudad Victoria, Tamaulipas, Meksiko.  Dia dan putrinya yang berusia 23 tahun diserang dua orang tak dikenal di luar rumah pada pagi hari. Kini kondisi putri korban masih kritis di rumah sakit. 

Kantor Kejaksaan terkait telah membuka berkas investigasi yang diperlukan untuk memulai penyelidikan kasus ini. Kantor Kejaksaan Agung mengatakan kasus ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang di Tamaulipas.

Dilansir dari Anadolu, Jumat (1/7/2022), De la Cruz telah menjadi jurnalis lebih dari 15 tahun. Dia biasa meliput industri pertanian dan terus-menerus mengkritik tokoh-tokoh pemerintah.

Pemerintah di Tamaulipas dilaporkan sangat dipengaruhi oleh organisasi kriminal. Gubernur Francisco García Cabeza de Vaca sebelumnya diselidiki karena memiliki hubungan dengan kartel narkoba di wilayah tersebut dan pencucian uang.

Pembunuhan terakhir terhadap seorang jurnalis di Meksiko terjadi pada 9 Mei. Korban yakni jurnalis Sheila Johana García Olivera dan Yesenia Mollinedo Falcon.

Empat hari kemudian, mayat jurnalis lain, Luis Enrique Ramírez Ramos, ditemukan ditinggalkan di dalam kantong plastik. Saat ditemukan, tubuhnya dipenuhi tanda-tanda kekerasan.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT