Chairman Reliance Industries Mukesh Ambani, orang terkaya Asia. (Foto: Reuters)
Inas Rifqia Lainufar

JAKARTA, iNews.id - Mukesh Ambani adalah orang terkaya di Benua Asia asal India. Pria 65 tahun ini menjalankan bisnis yang berkembang pesat di sejumlah negara di dunia.

Ia bahkan seringkali dinobatkan sebagai orang terkaya di India dan Asia. Meskipun demikian, Mukesh Ambani ternyata pernah merasakan hidup secara sederhana sebelum menjadi pengusaha sukses.

Adapun profil singkat mengenai Mukesh Ambani yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber pada Rabu (23/11/2022) adalah sebagai berikut.

Biodata Mukesh Ambani

Nama lengkap: Mukesh Dhirubhai Ambani
Tempat, tanggal lahir: Aden, Yaman, 19 April 1957
Profesi: Pengusaha
Kewarganegaraan: India
Pendidikan: Institute of Chemical Technology, Mumbai, India
Agama: Hindu
Ayah: Dhirubhai Ambani
Ibu: Kokilaben Ambani
Istri: Nita Ambani
Anak: Akash Ambani, Anant Ambani, Isha Ambani

Fakta tentang Mukesh Ambani

1.Kembali ke India sejak kecil

Sebagaimana yang telah dijelaskan, Mukesh Ambani lahir di Yaman. Namun karena iklim politik yang tidak stabil, ia dan seluruh anggota keluarga akhirnya kembali ke Mumbai, India pada tahun 1958.

2.Ayahnya adalah pengusaha

Sesampainya di India, Dhirubhai Ambani mulai menjalankan bisnis. Bisnis yang dikelola bergerak di bidang perdagangan rempah-rempah dan tekstil.

3.Pernah hidup serba kekurangan

Saat pindah ke India, Mukesh Ambani dan keluarga hidup serba kekurangan. Mereka bahkan harus tinggal di sebuah rumah petak dengan hanya terdiri dari dua kamar.

4.Memiliki tiga saudara

Mukesh Ambani adalah putra dari pasangan suami istri Dhirubhai Ambani dan Kokilaben Ambani. Ia memiliki tiga saudara bernama Anil Ambani, Nina Kothari, dan Deepti Salgaocar.

5.Sempat berkuliah di Stanford University tapi tidak dilanjutkan

Setelah lulus dari Institute of Chemical Technology, Mumbai, Mukesh Ambani melanjutkan pendidikannya di Stanford University. Sayangnya, ia berhenti dari kuliahnya di Stanford University pada 1981 karena akan bergabung dengan bisnis keluarga. 

6.Membuat bisnis ayahnya semakin berkembang

Usai bergabung pada bisnis keluarga, Mukesh Ambani mampu membuat perusahaan ayahnya berkembang dengan pesat. Di tangan Mukesh, perusahaan tersebut merambah ke berbagai bidang, termasuk penyulingan dan petrokimia.

7.Pernah bersitegang dengan saudaranya

Pada 6 Juli 2002, Dhirubhai Ambani meninggal dunia setelah menderita stroke. Karena tidak meninggalkan surat wasiat, Mukesh dan Anil sempat berseteru perihal pembagian harta warisan. 

Tak mau tinggal diam, ibu Mukesh dan Anil Ambani campur tangan untuk menghentikan perseteruan tersebut dan membagi perusahaan menjadi dua. Dari sanalah, Mukesh Ambani mendapatkan perusahaan Reliance Industries Limited dan Indian Petrochemicals Corporation Limited, yang kemudian disetujui oleh Pengadilan Tinggi Bombay pada Desember 2005.

8.Membangun Jio Platforms

Pada tahun 2010, Mukesh Ambani mulai membangun Jio Platforms, anak perusahaan RIL yang didedikasikan untuk telekomunikasi dan e-commerce. Perusahaan itu meluncurkan jaringan nasional pertama untuk layanan broadband 4G pada tahun 2016.

9.Menjadi orang terkaya

Dalam daftar majalah Forbes selama beberapa tahun berturut-turut, Mukesh Ambani secara konsisten memegang gelar sebagai orang terkaya di India. Ia bahkan menduduki posisi ke-10 sebagai triliuner di dunia oleh majalah Forbes 2022.

Kekayaan bersihnya yang mencapai USD44,3 miliar pada Juli 2018 membuatnya mampu melampaui Jack Ma, ketua eksekutif Grup Alibaba untuk menjadi orang terkaya di Asia. Karenanya, tak heran jika Mukesh Ambani juga masuk dalam jajaran orang paling berpengaruh di dunia.



Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT