Pesawat Antonov An-28 ditemukan mendarat darurat setelah hilang kontak di Siberia, Rusia (Foto: Tass)
Anton Suhartono

MOSKOW, iNews.id - Sebuah pesawat yang mengangkut 19 penumpang dan kru hilang kontak dalam penerbangan di Rusia. Kabar menggembirakan datang kemudian, pesawat melakukan pendaratan darurat dan semua orang di dalamnya selamat.

Pesawat Antonov An-28 itu hilang kontak di luar kota Tomsk, Siberia, setelah lepas landas dari bandara Petropavlovsk-Kamchatskiy, Kota Kedrovy, Jumat (16/7/2021).

Berita awal yang beredar menyebutkan pesawat mengangkut 17 orang penumpang dan kru.

"Pesawat itu menghilang dari radar di Distrik Bakcharsky. Ada 17 orang di dalamnya, termasuk empat anak-anak dan tiga kru," kata seorang sumber, kepada kantor berita Tass.

Pesawat akhirnya ditemukan oleh tim SAR yang melakukan pencarian menggunakan helikopter.

Kementerian Darurat Rusia kemudian menyatakan, total ada 19 orang di pesawat dan semua selamat. Mereka langsung dievakuasi dari lokasi. Tak disebutkan bagaimana kondisi mereka.

Peristiwa itu hanya berselang beberapa pekan setelah pesawat Antonov An-26 jatuh di laut setelah menghantam tebing, menewaskan 28 orang termasuk satu anak-anak. Pesawat dilaporkan hilang pada 6 Juli dan ditemukan di Semenanjung Kamchatka keesokan hari.

Sedianya pesawat mendarat sekitar pukul 13.00 waktu setempat, namun hilang kontak dengan menara air traffic control sesaat sebelumnya. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT