Pesawat angkut tipe Antonov An-26 (ilustrasi). (Foto: Wikimedia)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id – Sebuah pesawat angkut militer An-26 milik Ukraina jatuh di wilayah Zaporizhzhia. Sejumlah orang terluka dalam peristiwa itu.

“Pagi ini, sebuah pesawat An-26 jatuh di wilayah Zaporizhzhia. Pesawat itu dalam penerbangan teknis. Ada beberapa orang yang terluka. Keadaan di lapangan sedang diklarifikasi,” ungkap administrasi militer wilayah setempat lewat aplikasi Telegram, Jumat (22/4/2022).

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pihaknya telah menyerang 58 sasaran militer di Ukraina pada Kamis (21/4/2022) malam. Serangan itu  antara lain menyasar lokasi tempat pasukan, depot bahan bakar, serta peralatan militer musuh terkonsentrasi.

Kemhan Rusia juga mengatakan telah menyerang tiga sasaran menggunakan rudal presisi tinggi di Ukraina. Sasaran yang terkena rudal Moskow itu juga mencakup sistem pertahanan udara S-300 dan sejumlah besar pasukan Ukraina bersama dengan peralatan mereka.

Sampai berita ini dibuat, kantor berita Reuters belum dapat memverifikasi laporan atau klaim Moskow tersebut.

Rusia memulai operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari. Operasi itu sebagai tanggapan atas permintaan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) kepada Moskow, agar memberikan mereka perlindungan terhadap serangan intensif oleh pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Operasi Rusia tersebut mendapat perlawanan sengit dari Ukraina. Sementara negara-negara Barat meluncurkan kampanye sanksi yang komprehensif terhadap Moskow dan menyerahkan sejumlah besar bantuan militer mematikan kepada Kiev.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT