Ilustrasi hand sanitizer. (Foto: Ist.)
Ahmad Islamy Jamil

TOKYO, iNews.idAtlet putri SMA di Jepang tumbang setelah meminum cairan hand sanitizer alias pembersih tangan. Pihak berwenang negeri sakura pun berjanji untuk menyelidiki kasus itu.

Menurut media lokal, telah terjadi kekeliruan dari panitia yang memberikan cairan pembersih tangan kepada atlet untuk diminum  di saat perlombaan. Akibatnya, satu siswi jatuh sakit setelah meneguk carian itu.

Pihak penyelenggara lomba lari 5.000 meter putri—yang diadakan akhir pekan lalu—di Prefektur Yamanashi, Jepang Tengah, salah menuangkan pembersih ke dalam gelas siswi. Mereka meletakkannya di tempat minuman untuk para atlet.

Federasi olahraga sekolah menengah di Yamanashi mengatakan, pembersih itu tadinya disimpan dalam botol plastik tanpa label di samping botol berisi air minum di dalam kotak kardus.

Hand sanitizer, pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol itu, biasanya digunakan untuk melindungi orang-orang dari Covid-19. Saat ini, produk itu sudah tersedia di mana-mana, baik di Jepang maupun negara-negara lain, sejak pandemi dimulai pada Maret 2020.

AFP melaporkan, satu atlet pingsan, muntah, dan keluar dari perlombaan setelah meminum cairan itu. Sementara itu, dua siswi lainnya sempat meludahkannya.

Secara keseluruhan, ada tiga atlet yang dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Kini, mereka dilaporkan masih dalam pemulihan.

“Atas nama prefektur, saya ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada para atlet dan keluarganya,” kata Gubernur Yamanashi, Kotaro Nagasaki.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT