Ledakan yang disebabkan oleh serangan rudal menewaskan dua orang di Polandia, 15 November 2022. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id – Warsawa sempat menuding Rusia terlibat serangan rudal yang menghantam wilayah Polandia, beberapa waktu lalu. Namun, belakangan tudingan itu ternyata keliru.

Rusia menyatakan, pihaknya tidak akan terburu-buru mengambil tindakan atas reaksi Polandia terhadap insiden rudal itu. Akan tetapi, Moskow tetap akan mempertimbangkannya di masa mendatang.

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, pada 15 November lalu, Kementerian Luar Negeri Polandia sempat meminta penjelasan Moskow atas pendaratan rudal di wilayah Polandia. Kemlu Rusia menyatakan, Kementerian Pertahanan Rusia pada waktu itu telah memberikan informasi lengkap dan menegaskan bahwa Moskow sama sekali tidak terlibat dalam insiden itu.

“Kami tidak berencana mengambil tindakan tergesa-gesa dalam konteks (tuduhan Polandia) ini, tetapi kami akan mempertimbangkannya dalam konteks umum hubungan kami dengan Polandia,” ungkap Kemlu Rusia kepada kantor berita Sputnik, Kamis (24/11/2022).

Pada 15 November, dua rudal jatuh di wilayah Polandia, tepatnya di Desa Przewodow. Desa itu terletak di perbatasan negara itu dengan Ukraina. Sebanyak dua orang tewas dalam peristiwa tersebut. 

Awalnya, Polandia mengatakan bahwa rudal itu buatan Rusia. Akan tetapi, Warsawa kemudian menambahkan bahwa ada kemungkinan besar rudal itu ditembakkan oleh pasukan pertahanan udara Ukraina.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan tidak ada serangan yang dilakukan pada sasaran di dekat perbatasan Ukraina-Polandia dan puing-puing dalam foto yang dirilis di internet tidak terlihat seperti senjata Rusia.

Pada 16 November, Kemlu Rusia memanggil diplomat Polandia untuk mempertanyakan tudingan Warsawa atas insiden rudal itu. Moskow pun menganggap reaksi Warsawa kala itu tak ubahnya “histeria anti-Rusia”.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT