Pengamat penerbangan yang juga mantan pilot JAL Hiroyuki Kobayashi mengatakan ada insikasi kuat kesalahan manusia dalam kecelakaan ini.
“Ada kemungkinan besar terjadi kesalahan manusia,” kata Kobayashi, dikutip dari Reuters.
Dia menjelaskan, seharusnya hanya satu pesawat yang diperbolehkan memasuki landasan pacu. Kenyataannya, izin mendarat bagi pesawat JAL sudah diberikan meskipun ada pesawat Penjaga Pantai di landasan pacu.
Pesawat JAL mendapat izin untuk mendekat ke landasan pacu 34R pada pukul 17.43 waktu setempat kemudian diberi izin untuk mendarat pada pukul 17.45. Waktu tersebut 2 menit sebelum tabrakan terjadi di landasan yang sama yakni pada pukul 17.47.
"Izin untuk mendarat di 34R Japan Airlines 516," demikian rekaman suara petugas air traffic control (ATC) yang beredar.
Sejauh ini Bandara Haneda belum memberikan komentar mengenai rekaman tersebut.