Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Ist./tangkapan layar)
Ahmad Islamy Jamil

ANKARA, iNews.id Turki bakal mulai memproduksi secara massal pesawat tempur tak berawak pertamanya, Bayraktar Kizilelma, tahun depan. Hal itu diungkapkan Presiden Recep Tayyip Erdogan, Minggu (27/11/2022).

“Produksi massal pesawat tempur tak berawak buatan dalam negeri, Bayraktar Kizilelma, akan diluncurkan menjelang akhir 2023,” kata Erdogan seperti dikutip kantor berita negara Turki, Anadolu, akhir pekan ini.

Produsen drone Turki, Baykar, mengumumkan dimulainya uji coba darat Bayraktar Kizilelma di utara negara itu pada awal November. Pesawat bertenaga mesin turbofan itu dilaporkan memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat singkat.

Kemampuan tersebut bakal memungkinkan pesawat itu beroperasi dari kapal induk kecil, seperti kapal serbu amfibi Anadolu milik Angkatan Laut Turki.

Baykar sebelumnya telah memproduksi beberapa jenis drone tempur. Salah satu yang paling masyhur adalah Bayraktar TB2. Baykar pun telah menerima permintaan dari 24 negara untuk drone jenis tersebut.

Akhir Agustus lalu, Direktur Teknis Baykar, Selcuk Bayraktar mengungkapkan, negara pemesan drone Bayraktar TB2 itu antara lain berasal dari kawasan Eropa dan Asia Timur. 

“Sampai saat ini, Bayraktar TB2 sudah menerima request dari 24 negara. Order dan kontrak ekspor sudah ditandatangani,” kata Selcuk, seperti dikutip kantor berita Turki, Aksam, Rabu (31/8/2022).



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT