WNI Dayat dan WNA Jerman, Kristina menjadi Youtuber terkenal. (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Umaya Khusniah

JAKARTA, iNews.id - Seorang warga negara Indonesia (WNI), Dayat dan WNA Jerman, Kristina menjadi Youtuber terkenal. Keduanya kerap membagikan kisah keseharian tinggal di Jerman dalam bentuk video di chanel YouTube-nya, Dayat Kristina Vlog. 

Namun, bukan semata cerita kehidupan WNI yang memiliki pasangan WNA dan tinggal di luar negeri yang membuat chanel mereka memiliki banyak subscriber. Mereka membuat heboh netizen lantaran membeli rumah mewah yang bila dirupiahkan hampir mencapai Rp7 miliar.

Halaman yang luas dengan pemandangan hijau jadi salah satu alasan Dayat dan istri membeli rumah tersebut meski harganya terbilang fantastis. Ya, rumah tua ini dihargai 367.000 euro atau sekitar Rp6,2 miliar. 

"Hampir Rp7 miliar lah rumah ini," kata Dayat menjelaskan harga rumah tersebut.

Masih belum cukup membuat netizen melongo, pasangan ini juga mengabarkan jika di rumah yang mereka beli tersebut menyimpan harta karun

Dalam sejumlah video, Dayat menceritakan bagaimana dia bisa membeli rumah itu tentu dari hasil kerja kerasnya. Dia juga berbagi cerita mengenai sejarah rumah tersebut. 

Rumah tersebut bukan bangunan baru. Dibangun pada 1970, rumah ini bernuansa klasik dan sedikit sentuhan modern. Rumah ini juga berdekatan dengan 'black forest'. 

Dalam merenovasi rumahnya, mereka mengusung konsep hunian rumah yang nyaman untuk ditinggali bersama putrinya. Saat channel Youtube Kesa Lisa menyorot area rumahnya, bisa dilihat area sekelilingnya begitu asri.

Tentang harta karun yang dia sebut ada di rumahnya, tak lepas dari sejarah wilayah tersebut. Jadi di rumah Dayat banyak sekali bebatuan dari zaman pra-sejarah. Menurutnya, batu-batu di rumahnya tersebut sudah ada sejak zaman Dinosaurus.

"Di daerah kami tinggal ini setelah diteliti, dulunya samudera. Makanya batu-batuan ini dikatakan batu lautan," kata Dayat menunjukkan bebatuan prasejarah tersebut.

Luar biasanya, terselip fosil keong raksasa di antara batu tua itu. Jadi, menurut cerita Dayat, entah bagaimana ada satu batu lepas begitu saja dan jatuh ke tanah. 

Saat dilihat ternyata itu adalah fosil. Tak hanya satu fosil, tetapi saat kamera menyorot lebih dekat, ada beberapa bentuk keong kecil-kecil di antara keong raksasa. Ya, inilah harta karunnya.

Dayat dan Kristina sendiri sampai saat ini masih terus merampungkan renovasi. Dalam vlognya, dia dan istri berencana merenovasi lantai atas yang sedianya akan dijadikan kamar tidur.

Sang istri, Kristina, mengaku senang bisa menempati rumah asri tersebut. 

"Senang sekali, walau masih banyak yang harus diperbaiki dan dibenahi, tapi saya suka. Rumahnya lucu," katanya selepas memasang paku ke tembok.

Meski rumah di Jerman, tapi beberapa unsur Indonesia tetap dimunculkan Dayat di kediaman 'sultan' tersebut. Misalnya adanya pohon kemangi di kebun kecil, lalu pigura wayang, batu wastafel karya perajin Indonesia hingga kaleng kerupuk khas yang biasa ditemui di warung-warung.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT