Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kasus transmisi lokal Omicron di ibu kota melonjak. (Foto: MNC Portal Indonesia)
Muhammad Refi Sandi

JAKARTA, iNews.id - Kasus Covid-19 varian Omicron di Jakarta mencapai 2.525 orang. Kasus transmisi lokal Omicron diketahui melonjak hingga mencapai nyaris setengah dari jumlah tersebut.

Data itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dia mengatakan penularan Covid-19 melalui transmisi lokal diakuinya menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta.

"Omicron itu 2.525 orang, ini perhatian lagi kasus impornya 1.373, sama juga 54,4 persen. Kasus transmisi lokalnya itu 1.152 sama dengan 45,6 persen," kata Ariza dikutip Sabtu (29/1/2022).

Riza menekankan kasus varian Omicron transmisi lokal harus menjadi perhatian masyarakat. Oleh karena itu masyarakat harus lebih disiplin protokol kesehatan.

"Penekanan saya mohon diperhatikan ada peningkatan signifikan kasus transmisi lokal. Tadi jauh jaraknya kan impor sama lokal. Berarti sekarang di antara kita saling menularkan bukan cuma orang datang dari luar negeri. Jadi harus lebih hati-hati. Tempat terbaik tetap di rumah laksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Riza menyebut bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta terus mengalami kenaikan saat ini mencapai 54 persen. 

"Update Covid-19 Jakarta, BOR-nya 54 persen, naik dari 45 ke 54 persen. ICU-nya naik jadi 18 persen," ucapnya.

Di akhir paparannya dia meminta masyarakat tak meremehkan Omicron meski varian ini memiliki potensi menimbulkan gejala lebih rendah.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT